Gara-gara Trump Absen, Pemimpin ASEAN Tolak Bertemu Utusan AS

CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 20:11 WIB
Gara-gara Trump Absen, Pemimpin ASEAN Tolak Bertemu Utusan AS KTT ASEAN 2019. (AP Photo/Sakchai Lalit)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar pemimpin Asia Tenggara menolak bertemu dengan pejabat Amerika Serikat setelah Presiden Donald Trump absen di KTT ASEAN di Bangkok, Senin (4/10).

"Tidak pantas bagi ASEAN untuk mengirim para pemimpin ketika perwakilan AS tidak setara," kata seorang diplomat di Bangkok kepada AFP.

Hanya tiga dari 10 pemimpin negara ASEAN yang hadir dalam pertemuan dengan pejabat AS tersebut, dan sejumlah menteri luar negeri. Mereka yang hadir yakni Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha selaku tuan rumah, Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith, dan PM Vietnam Nguyễn Xuân Phúc.



AS tidak mengirim pejabat tinggi ke KTT ASEAN, melainkan hanya mengutus sekretaris perdagangan Wilbur Ross dan penasihat keamanan nasional Robert O'Brien. Berbeda dengan pertemuan ASEAN tahun lalu di mana AS mendelegasikan Wapres Mike Pence.

Di pertemuan ini O'Brien berpidato di depan para tamu yang sebagian besar kepala negara. Pada KTT ini, China diwakili Perdana Menteri Li Keqiang, Jepang oleh PM Shinzo Abe, Korea Selatan oleh Presiden Moon Jae-in, dan India diwakilkan PM Narendra Modi.

[Gambas:Video CNN]

O'Brien membacakan sepucuk surat dari Trump yang isinya mengundang para pemimpin ASEAN untuk datang ke Amerika Serikat tahun depan.


Trump dianggap meninggalkan sekutu Asia dengan menarik diri dari pakta perdagangan di saat China tengah berupaya menguasai investasi di kawasan.

"Ini bukan boikot, hanya saja para pemimpin lain harus menghadiri pertemuan lain," kata diplomat lain.


Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan baik Trump maupun Mike Pence tidak dapat hadir dalam pertemuan ini karena kesibukan kampanye pemilihan lokal. (dea)