Pilot Dilarang Terbang karena Ketahuan Bawa Wanita ke Kokpit

CNN Indonesia | Selasa, 05/11/2019 18:45 WIB
Pilot Dilarang Terbang karena Ketahuan Bawa Wanita ke Kokpit Ilustrasi. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pilot asal China diberi hukuman larangan terbang seumur hidup karena memasukkan wanita ke dalam kokpit. Aksi sang pilot ketahuan setelah foto seorang wanita duduk di kursi kokpit beredar di media sosial.

Dikutip dari CNN, Selasa (5/11), maskapai Air Guilin membenarkan foto wanita di kursi pilot itu diambil dari dalam pesawatnya, yakni saat penerbangan dari Guilin menuju Yangzhou pada 4 Januari 2019.

Pihak maskapai juga mengonfirmasi bahwa pilot yang tak disebutkan identitasnya itu telah diberi hukuman larangan terbang seumur hidup karena melanggar aturan penerbangan.



Selain pilot, kru kabin lain dalam penerbangan itu turut dilarang bertugas hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Pihak maskapai kini sedang menunggu investigasi lanjutan.

Pihak maskapai mengungkapkan bahwa keselamatan penumpang merupakan prioritas utama. Maskapai menegaskan tidak ada toleransi bagi seluruh bentuk tindakan tidak profesional yang membahayakan penerbangan.

"Kami memiliki kebijakan untuk tidak menoleransi segala bentuk tindakan yang tidak profesional dan salah yang dapat membahayakan keamanan dalam penerbangan. Kami akan meningkatkan panduan keamanan kami dengan tegas untuk menghindari insiden serupa kembali terjadi," kata seorang perwakilan maskapai.

Foto tersebut awalnya ditemukan seorang blogger dari akun Weibo milik wanita di kokpit itu. Ketika diidentifikasi, foto itu diketahui diambil dari dalam penerbangan.

[Gambas:Video CNN]

Dia kemudian mengkritisi maskapai tersebut karena mengabaikan keamanan penerbangan. Sejak saat itu, foto dihapus wanita tersebut.

Media People's Daily mengidentifikasi wanita di dalam foto sebagai mahasiswi yang mengambil kuliah pramugari di Universitas Pariwisata Guilin. Tetapi tidak diketahui apakah wanita tersebut memiliki hubungan dengan pilot yang bersangkutan.

"Ini membahayakan nyawa penumpang di dalam pesawat," kata seorang netizen.
Netizen lain mempertanyakan pemahaman maskapai terhadap aturan dasar keamanan penerbangan.


Kasus seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2018, pilot Donghai Airlines diskorsing setelah pihak maskapai memergoki dengan mengundang istrinya ke dalam kokpit sebanyak tiga kali.

Semua maskapai di seluruh dunia telah memperketat peraturan keamanan terkait dengan kokpit setelah kasus 9/11 di Amerika Serikat.

Mantan direktur pelaksana Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS, Peter Goelz, mengatakan semua pesawat AS telah memasang pengunci otomatis pada pintu kokpit untuk mencegah penyusup mendapatkan akses sistem kontrol pesawat.


Selain itu, Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) juga melarang pilot menggunakan ponsel mereka untuk kebutuhan pribadi saat penerbangan, kecuali jika mendapatkan izin. (fls/dea)