Polisi dan Advokat India Adu Jotos Gara-gara Lahan Parkir

CNN Indonesia | Kamis, 07/11/2019 06:28 WIB
Polisi dan Advokat India Adu Jotos Gara-gara Lahan Parkir Ilustrasi polisi India. (Photo by STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan polisi dan advokat di Kota New Delhi, India, terlibat aksi saling serang. Penyebabnya pertikaian itu hanya gara-gara masalah hak guna lahan parkir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (7/11), mulanya para polisi melakukan aksi unjuk rasa terkait sengketa hak penggunaan lahan parkir tertentu di New Delhi. Kedua belah pihak sudah bersitegang sejak akhir pekan lalu.


Perselisihan itu terus memanas sehingga memicu bentrokan di antara keduanya terjadi. Hal itu terjadi setelah sejumlah pengacara membakar sebuah mobil polisi dan kendaraan lain.


Tindakan itu dibalas oleh polisi setempat dengan menyerbu balai advokat.

Dalam kejadian itu polisi menembak tiga pengacara. Mereka juga memukuli para advokat yang terdiri dari perempuan dan lelaki.

Sebanyak 30 orang terluka dalam pertikaian itu.

[Gambas:Video CNN]

Perkelahian itu berhasil direkam. Nampak seorang advokat yang mengenakan jubah memukuli dan menampar seorang polisi yang tengah mengendarai sepeda motor untuk pergi dari lokasi.

Polisi dan advokat di India memang kerap berselisih ketika berhadapan di pengadilan.

"Kami minta keadilan. Kami juga punya hak asasi. Advokat yang bersalah harus dihukum," kata seorang polisi saat berunjuk rasa.

Kepala Kepolisian New Delhi, Komisioner Amulya Patnaik, meminta kedua belah pihak menenangkan diri dan berjanji akan mencari jalan keluar sengketa itu.

"Pemerintah dan masyarakat berharap kita sama-sama menegakkan hukum, itu adalah tanggung jawab kita," kata Patnaik.


Sejumlah advokat mengancam akan melakukan aksi demo balasan. Lainnya malah mengancam bakal melakukan mogok kerja. (ayp/ayp)