Alarm Pembajakan di Pesawat 'Terpencet', Bandara Belanda Riuh

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 07/11/2019 04:33 WIB
Alarm Pembajakan di Pesawat 'Terpencet', Bandara Belanda Riuh Ilustrasi kabin pesawat terbang. (hxdyl/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda sempat heboh pada Rabu (6/11) gara-gara seorang pilot tidak sengaja menyalakan alarm pembajakan dari dalam pesawat. Kejadian ini memicu aktivitas besar dari kepolisian setempat.

Alarm diaktifkan pilot di pesawat milik maskapai Spanyol, Air Europa, penerbangan dari Amsterdam ke Madrid, yang kemudian membuat banyak kendaraan darurat berkerumun di sekitar pesawat.

Air Europa telah meminta maaf atas insiden tersebut.


"Alarm yang salah. Telah diaktifkan di penerbangan Amsterdam-Madrid pada sore ini, itu kesalahan, tanda bahaya yang memicu protokol mengatasi pembajakan di bandara," kata perusahaan itu melalui Twitter.

"Tidak ada yang terjadi, semua penumpang selamat dan menunggu segera terbang. Kami sangat meminta maaf," tulisnya lagi.



Kepolisian Belanda sebelumnya mengatakan bakal menginvestigasi 'situasi mencurigakan', namun beberapa jam kemudian mengumumkan para penumpang dan kru telah 'meninggalkan pesawat dengan aman'.

Dari gambar yang ditunjukkan kepolisian, pesawat yang mengangkut 27 penumpang itu dikelilingi mobil polisi dan ambulans. Schiphol merupakan bandara tersibuk dan gerbang utama untuk masuk ke Eropa. Selama setahun bandara ini dikunjungi 70 juta penumpang. (fea)