RI Peringati 60 Tahun Kunjungan Ho Chi Minh ke Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 14:51 WIB
RI Peringati 60 Tahun Kunjungan Ho Chi Minh ke Indonesia Peringatan 60 tahun kunjungan Presiden Vietnam Ho Chi Minh ke Indonesia. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia melalui Arsip Nasional Republik Indonesia menggelar pameran foto untuk memperingati 60 tahun kunjungan Presiden Vietnam Ho Chi Minh ke Indonesia dan Presiden Sukarno ke Vietnam.
 
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, puluhan foto pertemuan antara Bung Karno dan Ho Chi Minh dipajang di seluruh sisi Gedung ANRI, Jakarta, Jumat (8/11). Dalam kesempatan itu, ANRI juga memutar film terkait hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam
 
Pejabat yang hadir dalam kesempatan itu, yakni Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Seskab Pramono Anung, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. Adapun pemerintah Vietnam diwakili oleh Wakil Menlu Vietnam Bui Than Son dan sejumlah pejabat Duta Besar untuk Indonesia.

 
Retno menuturkan pameran kunjungan kedua bapak bangsa ini dimaknai sebagai pondasi persahabatan antara Indonesia dengan Vietnam. Persahabatan yang terjaga sampai saat ini, kata dia, bukan sebuah proses mudah.
 
"Ini adalah investasi jangka panjang yang terus harus kita pelihara. Dan hubungan antara Indonesia dengan Vietnam adalah hubungan yang sangat baik," ujar Retno.
 
Menurut Retno, Indonesia memiliki kemitraan strategis dengan Vietnam. Dia mengatakan Vietnam ke depan akan menjadi chair of ASEAN.

[Gambas:Video CNN] 


"Dan tahun depan juga Indonesia dan Vietnam untuk kedua kalinya akan duduk di dalam Dewan Keamanan PBB pada saat yang sama," ujarnya.
 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berkata Ho Chi Minh membangun hubungan sangat erat dengan Bung Karno. Keduanya juga membangun semangat persaudaraan dunia dan kemerdekaan.
 
Hasto menilai Bung Karno dan Ho Chi Minh adalah tokoh pembebas bagi bangsanya masing-masing. Bahkan, dia bercerita ketika Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bertanya kepada Ho Chi Minh langsung saat Bung Karno memperkenalkan keluarganya.

 
"Ada dialog yang menarik, saat itu Ibu Mega bertanya seluruh pemimpin biasanya pakai sepatu, tapi kenapa Paman Ho begitu sederhana dan menggunakan sandal," ujarnya.
 
"Lalu Paman Ho menjawab bahwa itulah bagian dari perjuangan. Beliau tetap hidup sederhana mengenakan sandal sampai bangsa Vietnam benar-benar merdeka karena perjuangan kebangsaan yang dilakukan dengan penuh patriotisme," kata dia.
 
Hasto meminta semua pihak untuk belajar dari kesederhanaan yang ditampilkan Ho Chi Minh selaku pemimpin yang bergerak karena keyakinan memerdekakan bangsanya.

 
"Di situlah, antara Bung Karno dan Paman Ho disatukan oleh cita-cita sebagai bangsa yang bisa menentukan nasibnya di tangan sendiri," ujarnya. (jps/dea)