Warga Jepang Mulai Berkumpul Jelang Parade Kaisar Naruhito

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 13:50 WIB
Warga Jepang Mulai Berkumpul Jelang Parade Kaisar Naruhito Parade Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Kota Tokyo akan digelar pada Minggu (10/11), waktu setempat. (Foto: Behrouz MEHRI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan orang berkumpul di Kota Tokyo menjelang parade Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako yang akan digelar pada Minggu (10/11), sore waktu setempat. Sekitar 26.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan parade ini.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako direncanakan menumpangi Toyota Century atap terbuka (soft top) warna hitam dalam parade sejauh 4,6 kilometer dimulai dari Istana Kekaisaran menuju Akasaka Estate.

Sementara mobil lainnya seperti ditumpang Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengikutinya di belakang. Diprediksi sekitar 50 kendaraan akan mengikuti parade bersejarah ini.


"Saya tak sabar untuk melihat gaun yang akan dikenakan Ratu Masako," kata warga Tokyo Hiroko Kikuta (60) mengutip AFP, Minggu (10/11).

"Ini akan menjadi kesempatan terakhir saya untuk melihat pawai kekaisaran," tambah Yukari Oshita, saat dia menunggu di dekat Istana Kekaisaran.

Perlu diingat parade ini seharusnya digelar pada Oktober lalu, namun ditunda karena Jepang dilanda Topan Hagibis.

Naruhito (59) secara resmi menggantikan ayahnya, Kaisar Akihito pada Mei 2019. Ia ingin mengikuti jejak sang ayah yang dinilai berhasil membawa monarki tertua di dunia itu lebih dekat dengan rakyat.

"Ketika saya memikirkan tentang tanggung jawab penting yang saya emban, saya dipenuhi dengan rasa hormat," tutur Naruhito dalam pidatonya.

Dia berjanji untuk selalu mengingat jalan yang telah dipijak sang ayah dan mengabdikan dirinya untuk terus melakukan 'perbaikan diri'.

Kaisar Akihito melepas Takhta Krisantemun-nya setelah tiga dekade berkuasa. Takhta kekuasaan kemudian diisi oleh sang putra, Pangeran Naruhito, yang dinobatkan pada Rabu (1/5). (AFP/mik)