Bintang Iklan Rokok yang Tak Merokok Meninggal Dunia

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 17:42 WIB
Bintang Iklan Rokok yang Tak Merokok Meninggal Dunia Ilustrasi iklan rokok. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Robert C. Norris, seorang pria yang terkenal karena perannya dalam iklan televisi untuk merek rokok asal Amerika Serikat dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun. Kematian Norris diumumkan di situs web Tee Cross Ranches pada Selasa (5/11).

Dikabarkan bahwa Ia mengembuskan napas terakhir pada Minggu (3/11) saat dalam perawatan di rumah sakit Pikes Peak Hospice di Colorado Springs, Colorado.

Menguti CNN.com, Minggu (10/11), pria yang dikenal sebagai "Marlboro Man", namun dalam kehidupan nyatanya disebut tidak pernah merokok semasa hidupnya. Ini bertolak belakang dengan aksinya sebagai bintang iklan Marlboro selama lebih dari 1 dekade.


Norris rupanya tak 'bahagia' menjadi bintang iklan sebuah produk rokok. Sebab menurutnya telah mengkampanyekan iklan yang memberi pengaruh buruk bagi anak-anaknya. Ia pun kerap menasehati anak-anaknya untuk menjauhi rokok.

Dalam kesehariannya, Norris adalah seorang peternak. Ia pemilik peternakan ratusan hektar di Colorado Spring, disebut T-Cross Ranch yang kemudian menjadi 'rumah' bagi 150 ekor kuda dan lebih dari ribuan pasang sapi dan anak sapi. Tak cukup satu peternakan, Ia akhirnya mendirikan perternakan kedua di Arizona.

Awal perannya sebagai bintang iklan dimulai dari kecintaannya pada hewan-hewan ternak. Bersama rekannya, John Wayne, foto keduanya di peternakan dikabarkan tayang di media cetak setempat, yang kemudian menarik perhatian pihak Marlboro untuk menjadikan mereka sebagai bintang iklan rokok pada 1955.

Kemudian "Marlboro Man" yang ikonik dinilai sukses sebagai iklan rokok dan memengaruhi penikmat rokok.

Profesor Scott Ellsworth, seorang dosen dari Universitas Michigan dan mantan sejarahwan di Smithsonian Institution, melakukan hampir 60 wawancara dengan mantan bintang iklan rokok lain. Menurutnya Norris adalah sosok paling sukses di dunia.

"Kampanye "Marlboro Man" adalah salah satu kampanye iklan paling sukses sepanjang masa," kata Profesor Ellsworth dilansir New York Times.

"Ini [iklan rokok yang dibintangi Norris] benar-benar menaklukkan dunia."

[Gambas:Video CNN] (mik)


ARTIKEL TERKAIT