Diserang Buaya, Petugas Kebun Binatang Alami Luka Serius

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 06:11 WIB
Diserang Buaya, Petugas Kebun Binatang Alami Luka Serius Ilustrasi. (Foto: AFP PHOTO / ARFA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang petugas satwa liar Australia diserang seekor buaya ketika tengah memancing di sebuah pantai di Cape York, negara bagian Queensland. Buaya sepanjang 2,5 meter dilaporkan menyerang pria bernama Craig Dickmann.

Dickmann diketahui mengalami luka serius di kedua kaki dan tangan akibat terkaman buaya.

Pria berumur 54 tahun itu mengatakan buaya tersebut tiba-tiba menyerang dan berupaya menariknya ke dalam air. Ia berusaha melepaskan diri dengan mencungkil mata buaya dan memaksa agar rahangnya terlepas dari tangan dan kakinya.


Kepala Layanan Darurat Queensland Warren Martin mengatakan upaya yang dilakukan Dickman merupakan upaya menyelamatkan diri.

"Saya hanya bisa membayangkan upaya yang dilakukannya sebagai respons hidup dan mati," ungkap Martin kepada CNN.

[Gambas:Video CNN]

Dalam kondisi luka sobek di kedua kaki dan pakaian yang compang-camping, Dickmann berupaya mengendarai mobil. Tetangga yang membantu merawat lukanya kemudian menghubungi rumah sakit terdekat.

Ia kemudian diterbangkan ke rumah sakit di Cairns, Queensland untuk menjalani operasi.

Proses investigasi mulai dilakukan dengan menutup lokasi memancing yang menjadi tempat kejadian perkara. Pihak berwenang mengungkap kebijakan untuk memusnahkan buaya-buaya yang memiliki 'perilaku berbahaya'.

Kasus yang menimpa Dickmann sejatinya bukan hal baru. Pada Maret lalu, dua pemancing dilaporkan terjebak di sebuah pohon selama dua hari di atas sungai yang dipenuhi buaya di Darwin.

Sementara bulan lalu, kasus seekor buaya memakan seekor anjing peliharaan dilaporkan terjadi di Queensland. (fls/evn)