Kabin Bau Kaus Kaki, Pesawat Airbus Dikembalikan ke Pabrik

CNN Indonesia | Minggu, 17/11/2019 09:44 WIB
Kabin Bau Kaus Kaki, Pesawat Airbus Dikembalikan ke Pabrik Ilustrasi kabin pesawat. (Istockphoto/VanderWolf-Images).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah pesawat Airbus jenis A-330neo terpaksa dikembalikan ke pabrik di Toulouse, Prancis, setelah muncul keluhan 'bau kaus kaki basah' di kabin.

Keluhan itu berasal dari maskapai internasional Prancis, Air Caledonie International (ACI) yang baru membeli dua pesawat model baru itu.

"Bau kaus kaki basah telah berulang kali membuat anggota kru pesawat tidak nyaman selama lepas landas dan mendarat," kata Manajer Umum ACI Didier Tappero kepada AFP pada Sabtu (16/11).

Pihak Airbus menuturkan penyelidikan telah dilakukan terhadap keluhan itu. Pihak berwenang bahkan turut mengambil sampel darah dari para kru pesawat.

Namun, menurut laporan Airbus yang dikirim ke ACI, sejumlah analis menunjukkan bahwa kualitas udara di kabin pesawat sesuai dengan pedoman internasional dan di bawah ambang batas toksisitas.

"Kami sedang mencari solusi untuk menyelesaikan masalah bau di kabin beberapa Airbus A-330neo yang beroperasi," ucap juru bicara Airbus, Sean Lee.

Selain ACI, keluhan serupa juga muncul dari maskapai penerbangan Portugal dan Senegal yang turut mengoperasikan Airbus A-330neo.
[Gambas:Video CNN]


(rds/bir)