Pria Colok Mata Buaya Supaya Lolos Dari Terkaman

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 06:26 WIB
Pria Colok Mata Buaya Supaya Lolos Dari Terkaman Ilustrasi buaya. (Istockphoto/ Beckyjenson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang polisi hutan Australia, Craig Dickman (54), nyaris tewas diterkam buaya usai memancing pada Minggu pekan lalu di kawasan utara. Dia berhasil menaklukkan reptil itu dengan cara mencolok mata.

Seperti dilansir AFP, Rabu (20/11), Craig mengatakan buaya sepanjang sekitar 2,8 meter itu menyerang ketika dia hendak meninggalkan pantai. Reptil itu sempat menggigit pahanya dan berusaha menariknya ke dalam air.


"Ketika saya menoleh, yang saya lihat adalah kepala buaya itu mendadak bergerak ke arah saya. Saya tidak bisa melupakan suara gigitan rahang buaya yang menerkam," kata Craig.


Craig sempat bergumul dengan buaya itu supaya tidak diseret ke dalam air. Dia lantas mencolok mata buaya itu sekuat mungkin dengan ibu jarinya hingga terasa bagian tulang tengkorak.

"Binatang itu lantas perlahan mulai mengendurkan gigitannya," ujar Craig.

Setelah gigitan buaya itu melemah, Craig lantas berbalik menduduki binatang itu dan mengunci rahangnya selama beberapa saat. Dia lantas berdiri dan segera menjauh, kemudian buaya itu kembali ke dalam air.

Akibat terkaman buaya, Craig mengalami luka sobek pada tangan dan kakinya. Dia lantas buru-buru pulang dengan berkendara selama 45 menit sebelum meminta bantuan paramedis.

[Gambas:Video CNN]

Sejam setelahnya Craig baru dibawa ke Rumah Sakit Cairns.

Buaya yang hidup di air asin itu bisa tumbuh sepanjang tujuh meter dan berbobot lebih dari satu ton. Jumlah mereka terus bertambah sejak berstatus satwa dilindungi sejak 1970-an.

Meski demikian, mereka jarang menyerang manusia. (ayp/ayp)