Beli Jet Tempur Su-35 Rusia, Mesir Terancam Sanksi AS

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 16:14 WIB
Beli Jet Tempur Su-35 Rusia, Mesir Terancam Sanksi AS Jet tempur Su-35 Rusia. (AFP PHOTO / JOHANNES EISELE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat mengancam akan menjatuhkan sanksi ke Mesir jika mereka memutuskan membeli jet tempur Su-35 dari Rusia.

Hal itu disampaikan asisten sekretaris Kementerian Pertahanan, R. Clarke Cooper ketika ditemui di acara Dubai Airshow pada Senin (18/11).


Dikutip Associated Press, Cooper menuturkan, selain sanksi, rencana pembelian pesawat jet tempur Su-35 produksi Rusia dapat membuat Mesir kehilangan akuisisi di masa depan.


Pejabat militer Mesir mengatakan negaranya ingin membeli Su-35 untuk membantu militer dalam memerangi pemberontakan Islam di Semenanjung Sinai yang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

[Gambas:Video CNN]

Hal itu diputuskan Mesir setelah Amerika Serikat tidak menanggapi permintaan pembelian 24 jet tempur F-35, satu tahun lalu.

Kesepakatan dengan Rusia tersebut ditujukan untuk memperluas jaringan pemasok senjata bagi Mesir. Sebab, selama beberapa tahun terakhir bantuan militer dari AS dihentikan karena kekhawatiran pelanggaran hak asasi manusia.


Mesir sendiri merupakan salah satu penerima bantuan militer terbesar dari AS di luar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Akan tetapi, belakangan ini Mesir beralih meminta bantuan militer kepada Rusia.


Pada 2017, Mesir mengizinkan pasukan militer Rusia untuk menggunakan pangkalan udaranya. Terbaru pada bulan ini, pasukan angkatan udara Mesir dan Rusia melakukan latihan bersama. (fls/dea)