Truk Kelebihan Muatan Picu Jembatan Gantung di Prancis Ambruk

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 04:13 WIB
Truk Kelebihan Muatan Picu Jembatan Gantung di Prancis Ambruk Jembatan gantung ambruk di Prancis. (Foto: ERIC CABANIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Investigasi yang dilakukan pada Selasa (19/11) menemukan truk dengan bobot melebihi dua kali batas maksimal beban maksimal menjadi penyebab ambruknya sebuah jembatan gantung di Prancis.

Truk yang menjadi penyebab ambruknya jembatan itu memiliki bobot lebih dari 50 ton. Sementara beban maksimal yang bisa diampu jembatan gantung hanya 19 ton.

"Fakta ditemukan truk memiliki berat melebihi beban maksimal jembatan. Saat ini nampaknya inilah penyebab langsung kecelakaan," ungkap jaksa Dominique Alzeari seperti dilansir AFP.


Truk tersebut ditemukan membawa alat perat pengeboran milik perusahaan yang beradap beberapa ratus meter dari jembatan.

Menteri Lingkungan Prancis Emmanuelle Wargon sebelumnya telah mengonfirmasi soal salah satu dugaan penyebab jembatan ambruk yakni truk yang melebihi berat maksimal.

[Gambas:Video CNN]

Jembatan gantung yang menghubungkan kota Mirepoix-sur-Tam dan Bessieres di Prancis ambruk pada Senin (18/11). Truk yang melintas melebihi bobot maksimal membuat kabel penghubung jembatan putus hingga berujung ambruk.

Peristiwa itu menyebabkan dua orang tewas termasuk sopir truk dan seorang perempuan, serta beberapa orang lain luka-luka. Polisi juga mengatakan insiden ini memicu korban hilang yang masih dalam tahap pencarian.


Jembatan yang dibangun pada 1931 tersebut dipastikan dalam kondisi laik dan tidak ada cacat yang bisa mengancam keselamatan. (evn/evn)