Ribuan Polisi Portugal Demo Tuntut Naik Gaji

CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 10:05 WIB
Ribuan Polisi Portugal Demo Tuntut Naik Gaji Ilustrasi demonstrasi polisi di Portugal. (AP Photo/Armando Franca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan polisi di Portugal melakukan demonstrasi di Ibu Kota Lisbon pada Kamis (21/11) kemarin. Mereka menuntut kenaikan gaji dan tempat kerja yang lebih layak.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/11), para polisi itu berdemo menggunakan pakaian bebas. Mereka melakukan aksi jalan kaki sambil membawa spanduk berisi tuntutan.


Demonstrasi polisi itu berlangsung setelah pada musim dingin lalu para pegawai negeri juga berunjuk rasa. Tuntutan mereka pun sama.


Menurut Ketua Serikat Polisi Portugal, Paulo Rodrigues, pemerintah sampai saat ini belum mengabulkan tuntutan mereka.

"Kementerian tetap bersikap sama dan belum ada perubahan berarti terkait masalah upah ini selama empat tahun terakhir. Hal ini membuat ketidakstabilan," kata Rodrigues.


Para polisi itu terus menekan pemerintahan yang dipimpin Perdana Menteri Antonio Costa.

Ismael Duarte (52), seorang polisi dari kota Tomar menyatakan penghasilannya mencapai EUR1,500 sebulan (sekitar Rp23 juta). Meski terlihat cukup besar untuk ukuran Indonesia, tetapi Duarte mengatakan gaji itu sangat pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

"Selama satu dasawarsa terakhir pemerintah tidak lagi memberikan bonus," kata Duarte.

[Gambas:Video CNN]

"Portugal tidak bisa menjadi negara yang aman di dunia jika pemerintah memperlakukan aparat penegak hukum sepert ini. Kami juga patut dihormati," kata seorang polisi lainnya, Antonio Barreira (45). (ayp/ayp)