FOTO: Surga Gletser Prancis Diambang Kehancuran

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 05:34 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tujuan utama wisata gunung es, Mer de Glace, Chamonix, Prancis, disebut kian kolaps seiring melelehnya salju akibat pemanasan global yang memicu longsoran batu.

Mer de Glace, di Pegunungan Alpen, Chamonix, Prancis, yang dekat dengan perbatasan Swiss-Italia, sejak lama jadi tujuan jutaan wisatawan penikmat salju dari berbagai penjuru dunia. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Namun, wisatawan kini mesti menghadapi kenyataan pahit bahwa panorama salju putih menghampar kian berkurang. Es meleleh akibat pemanasan global. Yang tampak kini hamparan batu yang tandus. Gunung salju pun kolaps.  (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Para pekerja pun sudah menyelimuti bagian atas terowongan es yang ramai dikunjungi di daerah itu dengan terpal putih dan batu-batu besar demi melindunginya dari matahari. (Photo by MARCO BERTORELLO /AFP)
Para pendaki pun kini memiliki ritual baru; waspada terhadap gelontoran batu dari atas akibat kerusakan jalur pendakian pasca-melelehnya salju secara signifikan di area itu. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Pemandangan batuan di antara salju dari Couvercle Refuge (mountain hut) di Chamonix. Perubahan akibat pemanasan global itu memicu penampakan batuan dasar, salju dan es yang lebih rapuh, dan pelebaran celah. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Di lembah sempat terlihat tanda yang menunjukkan:
Penelitian yang dirilis pada Juni oleh mahasiswa doktoral di Universitas Savoie Mont Blanc, menemukan ada kerusakan pada 96 jalur pendakian terbaik Gaston Rebuffat. 93 jalur terimbas oleh perubahan iklim, 26 di antaranya terpengaruh signifikan, dan tiga jalur hancur total. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Foto kombinasi yang diambil dari Mer de Glace menunjukkan beragam sampah di Mer de Glace yang muncul ke permukaan akibat salju yang sebelumnya menutupi barang-barang itu meleleh. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Situs chamonix.net menyebut ada 60 hingga 70 insiden pada musim panas ini terkait efek pemanasan global. Misalnya pada 29 Juli, sebuah batu pecah di Matterhorn (di perbatasan Italia-Swiss) dan membuat seorang pemandu dan pendaki meninggal. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)
Dua gelombang panas yang menyerang Eropa pada Juni disebut juga memberi dampak signifikan karena menyerang bagian dasar gunung. Saat es mencair, seluruh batuan menjadi tak stabil dan rentan runtuh. (Photo by MARCO BERTORELLO / AFP)