Taipan Michael Bloomberg Akan Jadi Penantang Trump di Pilpres

CNN Indonesia | Senin, 25/11/2019 09:59 WIB
Taipan Michael Bloomberg Akan Jadi Penantang Trump di Pilpres Konglomerat media Michael Bloomberg. (JEFF KOWALSKY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konglomerat media Michael Bloomberg resmi mencalonkan diri menjadi kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat pada Minggu (24/11).

Jika terpilih, Bloomberg akan menjadi lawan Presiden Donald Trump yang sama-sama seorang konglomerat asal New York dalam pemilihan umum 2020.

"Saya mencalonkan diri sebagai Presiden AS untuk mengalahkan Donald Trump dan membangun kembali Amerika," ucap Bloomberg di Washington.



"Kita tidak dapat menanggung empat tahun lagi untuk tindakan sembrono dan tidak etis Presiden Trump," kata eks Wali Kota New York itu.

Bloomberg menganggap kepemimpinan Trump selama ini mendekatkan Amerika kepada ancaman eksistensial dan pengikisan nilai-nilai negara.

"Jika dia [Trump] menang lagi dan kembali memimpin dalam periode kedua, kita mungkin tidak akan pernah pulih dari kerusakan," kata Bloomberg seperti dilansir AFP.


Pengumuman itu membenarkan rumor yang memaparkan bahwa Bloomberg ingin mencalonkan diri sebagai presiden AS. Sejak beberapa minggu terakhir, media lokal melaporkan bahwa Bloomberg tengah mengajukan dokumen-dokumen persyaratan ke Komisi Pemilihan Federal.

Bloomberg merupakan konglomerat media dan filantropis yang pernah menjabat wali kota New York selama tiga periode. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$57,1 miliar setara Rp800,46 triliun.

Pengamat mengatakan kehadiran Bloomberg akan merusak peluang mantan Wapres Joe Biden, yang sebelumnya disebut-sebut sebagai calon terkuat dari Partai Demokrat.
 

Sampai saat ini, ada sekitar 17 politikus Partai Demokrat yang akan bersaing menjadi calon presiden dari partai tersebut. Belasan calon itu akan menghadapi pemilihan pertama atau primary voting sekitar April 2020 mendatang.

Selain Bloomberg dan Biden, sejumlah nama besar seperti Elizabeth Warren, Bernie Sanders, dan politikus muda, Pete Buttigieg, juga akan meramaikan bursa calon presiden dari Partai Demokrat. (rds/dea)