Pesawat Baling-baling Tersangkut di Kabel, Pilot Diselamatkan

CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 09:31 WIB
Pesawat Baling-baling Tersangkut di Kabel, Pilot Diselamatkan Ilustrasi. (Istockphoto/tapui)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pilot berhasil diselamatkan setelah pesawat yang ia terbangkan tersangkut di kabel listrik. Pesawat Piper Cub itu menabrak kabel listrik saat terbang menuju kota Shakopee, Minnesota, Amerika Serikat. Pesawat baling-baling itu tersangkut dalam posisi menjuntai terbalik.

CNN melaporkan, Minggu (24/11), pilot Thomas Koskovich (65) dievakuasi tanpa cedera. Sebelum operasi penyelamatan, petugas terlebih dahulu mematikan aliran listrik di kabel tersebut. Koskovich merupakan satu-satunya penumpang dalam pesawat tersebut.


"Insiden ini bisa jadi berdampak jauh lebih buruk. Kami bersyukur karena pilot tersebut bisa pergi tanpa mengalami cedera apa pun," kata Kepala Polisi Daerah Scott County, Luke Hennen dalam rilis resmi kepolisian.


[Gambas:Video CNN]

Hingga kini belum diketahui penyebab pesawat itu bisa tersangkut. Juru bicara dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menuturkan penyelidikan terhadap kecelakaan masih dilakukan.


Piper Cub merupakan pesawat ringan asal AS yang diproduksi perusahaan Piper Aircraft. Diterbangkan pertama kali pada tahun 1938, pesawat ini hanya diproduksi selama sembilan tahun hingga 1947.


Pesawat tersebut umumnya digunakan oleh beberapa satuan tentara di beberapa negara, seperti AS, Inggris, Thailand, Paraguay, dan Korea Selatan untuk keperluan latihan militer. Namun tidak hanya untuk militer, Piper Cub juga dikenal sebagai pesawat latih bagi pilot di berbagai sekolah penerbangan. (fls/dea)