Panik Saat Gempa Albania, Pria Tewas Usai Lompat dari Gedung

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 26/11/2019 14:59 WIB
Panik Saat Gempa Albania, Pria Tewas Usai Lompat dari Gedung Gempa magnitudo 6,4 mengguncang Albania, Selasa (25/11). (Foto: AP Photo/Hektor Pustina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria berumur 50 tahun di Albania tewas usai melompat dari sebuah gedung ketika terjadi gempa pada Selasa (26/11) dini hari waktu setempat.

Kementerian Pertahanan mengungkapkan gempa bumi magnitudo 6,4 mengguncang Albania pada Selasa. Pusat gempa tercatat sekitar 34 kilometer arah barat laut Tirana.

Dilansir AFP, masyarakat di Tirana dan kota pesisir Durres panik berupaya menyelamatkan diri.


Sebuah hotel berlantai tiga di Durres dilaporkan roboh dan bangunan lain di pusat kota Tirana juga rusak parah.

Kerusakan terparah dilaporkan terjadi di Thumana, sekitar 30 kilometer dari Tirana.

"Ada kerusakan yang cukup besar," kata juru bicara kementerian pertahanan, Albana Qajahaj kepada AFP.

[Gambas:Video CNN]

Menteri Kesehatan, Ogerta Manasterliu mengungkapkan sejauh ini 150 orang mengalami cedera ringan dan telah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Gempa dilaporkan dirasakan oleh masyarakat di seluruh Balkan. Daerah ini disebut rentan terhadap aktivitas seismik hingga sering kali diguncang gempa bumi.

Sejumlah warga melalui media sosial mengungkapkan gempa kali ini turut dirasakan hingga jarak 700 kilometer dari Sarajevo ke Bosnia hingga kota Servia Novi Sad.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania mencatat beberapa gempa susulan kembali mengguncang Albania. Salah satu gempa susulan tercatat magnitudo 5,3.

Pada September lalu, Albania juga diguncang gempa besar bermagnitudo 5,6. Pihak berwenang mengungkapkan gempa bumi yang terjadi saat itu merupakan yang terkuat dalam 20-30 tahun terakhir. (evn/evn)