9 Orang Tewas Akibat Longsor di Tiga Negara Eropa

CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 18:30 WIB
9 Orang Tewas Akibat Longsor di Tiga Negara Eropa Ilustrasi banjir di Prancis. (AFP PHOTO / Philippe LOPEZ)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak sembilan orang dilaporkan tewas akibat hujan deras yang memicu banjir dan longsor di selatan Eropa terutama Prancis, Italia, dan Yunani.

Pemerintah wilayah Var, Prancis, melaporkan empat orang tewas di French Riviera, termasuk sepasang lansia berusia 70 tahun yang terjebak saat mobil mereka terbawa arus banjir.


Dua korban lainnya tewas setelah sebuah kapal petugas penyelamat tenggelam di Mediterania.


Sementara itu, jasad dua pria yang diyakini sebagai turis ditemukan tenggelam setelah perahu keduanya terjebak cuaca buruk di pelabuhan Antrio, Yunani.

Dua wanita juga dilaporkan tewas ketika badai menghantam kepulauan Laut Aegea, Yunani, pada Senin malam lalu.

Stasiun televisi lokal, ERT, melaporkan salah satu dari wanita itu tewas ketika ruang bawah tanah tempat tinggalnya di Rhodes terendam banjir. Sedangkan perempuan lainnya meninggal akibat tenggelam saat berenang di Pulau Kos ketika badai berlangsung.

[Gambas:Video CNN]

Dilansir The Independent, di utara Italia, seorang perempuan ditemukan meninggal setelah Sungai Bomida banjir dan menghanyutkan mobilnya.

Tim penyelamat di daerah itu juga tengah melakukan pencarian kemungkinan adanya korban akibat jembatan layang yang roboh di dekat Kota Savona karena tanah longsor.

Meski belum ada laporan mengenai kendaraan dan korban yang terjebak, tim SAR tetap melakukan pencarian sebagai tindakan antisipasi.

Hingga kini, sejumlah sungai di utara Italia seperti Sungai Ticino di Lombardia Pavia masih terus meluap hingga membanjiri jalanan setinggi 15 sentimeter. Sejumlah penduduk di sepanjang sungai itu pun terpaksa mengungsi sementara.

Sementara itu, di Prancis, sungai-sungai mulai surut perlahan meski masih banyak warga yang belum bisa pulang ke rumah mereka. Otoritas Prancis juga masih berupaya memulihkan aliran listrik yang sempat terputus akibat badai dan banjir hingga membersihkan jalanan dari pohon tumbang serta lumpur.


Di Yunani, ratusan rumah masih digenangi air menyusul badai yang terjadi hingga Selasa malam. Hujan deras dan longsor juga menyebabkan sejumlah jalan raya utama yang menghubungkan Athena dan kota pelabuhan Patras ditutup. (rds/ayp)