Kilas Internasional

Dugaan Korupsi SEA Games hingga Ratusan Bank di Iran Dibakar

CNN Indonesia | Kamis, 28/11/2019 06:25 WIB
Dugaan Korupsi SEA Games hingga Ratusan Bank di Iran Dibakar Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (AFP PHOTO / Ted ALJIBE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Filipina Rodrigo Duterte perintahkan usut dugaan korupsi SEA Games hingga 731 bank dan 70 SPBU dibakar dalam demo rusuh di Iran, meramaikan berita internasional, Rabu (27/11).

1. Duterte Perintahkan Usut Dugaan Korupsi SEA Games

Presiden Filipina Rodrigo Duterte merespons keluhan sejumlah kalangan terkait kisruh penyelenggaraan SEA Games tahun ini. Berbagai kalangan menuding masalah tersebut muncul karena korupsi.



Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengungkap Duterte memerintahkan penyelidikan terhadap dugaan korupsi hingga memicu pengalaman tak mengenakkan bagi atlet-atlet yang hendak berlaga.

2. Korban Tewas Gempa Albania Mencapai 21 Orang

Korban meninggal dalam bencana gempa bumi di Albania sampai saat ini dilaporkan sudah mencapai 21 orang. Sedangkan penduduk yang mengalami luka-luka tercatat 600 orang.

[Gambas:Video CNN]

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (27/11) gempa terjadi pada Selasa dini hari ketika para penduduk dan penghuni hotel sedang terlelap. Korban tewas dan luka kebanyakan ditemukan di reruntuhan bangunan.

3. Demo Iran Rusuh, 731 Bank dan 70 SPBU Dibakar

Demonstrasi berujung kerusuhan yang terjadi di Iran menyebabkan 731 bank, 70 stasiun pengisian bensin umum (SPBU) dan 140 kantor pemerintahan dibakar massa.


Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmai Fazli mengatakan aksi massa kali ini merupakan kelanjutan protes kenaikan harga BBM. Lebih dari 50 bangunan milik aparat keamanan tak luput jadi sasaran amuk massa.

Dalam keterangan resmi yang dirilis kantor berita IRNA, Rahmani mengatakan sekitar 200 ribu orang terlibat dalam kerusuhan yang pecah sejak 15 November lalu. (dea)