Mantan Presiden AS Jimmy Carter Idap Infeksi Saluran Kemih

AP, CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 11:06 WIB
Mantan Presiden AS Jimmy Carter Idap Infeksi Saluran Kemih Presiden AS ke-39 Jimmy Carter. (Foto: Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat ke-39, Jimmy Carter kembali dirawat di rumah sakit setelah mengalami infeksi saluran kemih.

"Carter dirawat di Phoebe Sumter Medical Center in Americus, Georgia, pada akhir pekan lalu. Kini, dia merasa lebih baik dan berharap segera kembali ke rumah," bunyi pernyataan juru bicara Carter melalui The Carter Center pada Senin (3/12).

Pekan lalu, Carter baru saja meninggalkan rumah sakit setelah menjalani operasi untuk meringankan tekanan pada otaknya akibat jatuh beberapa kali.


Dilansir AFP, Carter juga sempat dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami retak tulang panggul akibat jatuh di rumahnya di Georgia pada 21 Oktober lalu.

Sebelum itu, ia juga pernah jatuh pada 6 Oktober lalu, beberapa hari setelah hari ulang tahunnya. Akibat insiden itu, mata Carter sempat lebam dan butuh 14 jahitan.

[Gambas:Video CNN]

Carter memang mengalami penurunan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah ia mengumumkan bahwa dirinya menderita kanker otak pada Agustus 2015 lalu.

Saat itu, Carter mengatakan ia tengah menjalani pengobatan radiasi demi menjinakkan kankernya itu.

Carter juga dikabarkan sempat mengalami gangguan berjalan setelah menjalani prosedur penggantian pinggul pada Mei lalu

Carter merupakan presiden AS pertama dengan umur paling panjang dalam sejarah. Ia dan istrinya juga tercatat menjadi pasangan marital presidensial terlama dalam sejarah Amerika Serikat dengan lama perkawinan 73 tahun, melewati George dan Barbara Bush. (rds/evn)