Direktur Museum Mundur Usai Pamerkan Seni Perempuan Telanjang

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 12:20 WIB
Direktur Museum Mundur Usai Pamerkan Seni Perempuan Telanjang Ilustrasi. (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur museum seni Kirgistan, Mira Djangaracheva mengundurkan diri usai menggelar pameran seni feminisme. Pameran bertajuk kebebasan ekonomi perempuan itu dikecam karena menampilkan wanita telanjang.

Dia mengaku mundur secara sukarela menyusul reaksi negatif dari kaum konservatif. Selain itu, kata dia, para stafnya juga mendapat ancaman.


"Sayang sekali ini diprakarsai oleh orang-orang yang belum pernah ke museum," kata dia lewat akun Facebook, Senin (2/12) seperti dikutip dari AFP.


Pameran tersebut menampilkan tubuh perempuan dalam karung tinju. Seniman Denmark Julie Savery turut memerankan perempuan telanjang untuk menyoroti kondisi buruk para pekerja seks.
[Gambas:Video CNN]
Panitia mendedikasikan pameran ini untuk mengenang 17 perempuan imigran asal Kirgistan  yang tewas dalam kebakaran gudang di Moskow pada 2016 lalu. Namun, pameran seni ini menuai kecaman.

Kementerian Budaya Kirgistan mengkritik pameran tersebut karena menggunakan bahasa provokasi sehingga membuat kesal pengunjung.


Anggota parlemen Makhabat Mavlyanova menjadi salah satu kaum konservatif yang menyerukan pemecatan Djangaracheva.

Mavlyanova pernah terlibat pertikaian dengan kaum sekuler terkait gaun pengantin yang terbuka di bagian bahu.

Kelompok feminis dan LGBT seringkali mendapat serangan di Kirgistan. Mereka memilih kabur dari negara mayoritas Muslim itu dan terbang ke Rusia.


Hingga saat ini ratusan ribu orang Kirgistan dilaporkan telah bekerja di Moskow dan kota-kota lain di Rusia. (dea)