Jadi Bahan Gosip, Trump Tuduh PM Kanada Bermuka Dua

CNN, CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 10:36 WIB
Jadi Bahan Gosip, Trump Tuduh PM Kanada Bermuka Dua Presiden AS Donald Trump. (Foto: AP Photo/Alastair Grant, Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bermuka dua setelah ia dijadikan bahan gosip oleh empat pemimpin negara di KTT NATO.

Trump menyebut Trudeau sebagai orang yang bermuka dua. Kendati ia tetap memuji sosok Trudeau sebagai orang jujur dan baik.

"Dia [Trudeau] tidak melakukan konferensi pers. Itu lucu ketika saya mengatakan orang itu bermuka dua," ucap Trump seperti dilansir CNN.


Trump sendiri diketahui membatalkan konferensi pers di sesi akhir keikutsertaannya di KTT NATO di Inggris.

Sementara itu, Trudeau mengaku tidak ambil pusing jika ucapannya bisa memengaruhi hubungan antara AS dan Kanada.

Sebelumnya empat pemimpin negara anggota NATO yakni Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutter tertangkap tengah membicarakan Trump di sela pertemuan tinggi pakta pertahanan Atlantik Utara.

[Gambas:Video CNN]

Rekaman yang pertama kali diunggah oleh CBC Kanada ini memperlihatkan keempat pemimpinan negara tengah asyik berbincang informal soal Trump yang terlambat hadiri sesi pertemuan di hari perdana KTT NATO, Rabu (4/12). Percakapan tersebut terjadi di Istana Buckingham jelang pertemuan puncak NATO.

Dalam cuplikan itu, Johnson terlihat bertanya kepada Macron: "Itukah sebabnya dia [Trump] terlambat?"

Trudeau menyela pertanyaan Johnson dengan mengatakan, "dia [Trump] terlambat karena menggelar jumpa pers selama 40 menit di atas."

"Oh iya, dia mengumumkan.. Apakah kalian lihat timnya tercengang?" kata Trudeau menambahkan.

Meski keempatnya tak langsung menyebutkan nama Trump, namun media berasumsi bahwa mereka tengah membicarakan Trump. (evn/evn)