Tangki Air Limbah di China Meledak, Sembilan Orang Tewas

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 09:21 WIB
Tangki Air Limbah di China Meledak, Sembilan Orang Tewas Ilustrasi. (Istockphoto/ South_agency)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sembilan orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam ledakan tangki air limbah di pabrik tekstil di taman industri Haining, Zhejiang, China.

Pihak berwenang mengatakan empat korban masih dalam kondisi kritis akibat tersetrum.

Dilaporkan South China Morning Post, Rabu (4/12), tangki berisi air limbah bekas celupan tekstil ukuran lebar tiga meter dan tinggi 15 meter itu meledak pada Selasa sore.



Air limbah dari tangki yang meledak tersebut menyebabkan banjir di area sekitar pabrik dan mencemari sungai.

Ledakan juga menyebabkan aliran listrik di perumahan sekitar pabrik terganggu. Jendela di beberapa bangunan juga ikut pecah.

[Gambas:Video CNN]

Penduduk sekitar pabrik mengaku mendengar suara dentuman keras. Rekaman video yang beredar menunjukkan ledakan itu memicu kebakaran di dalam pabrik.

Akibat kasus ini, kepolisian telah menahan beberapa manajer senior perusahaan pemilik pabrik untuk kepentingan penyelidikan.

Berdasarkan dokumen publik, perusahaan tersebut berulang kali terseret hukum akibat berbagai pelanggaran regulasi.


Pada Juli, perusahaan itu dihukum oleh biro perlindungan lingkungan tingkat kota pemakaian limbah berlebihan. Pelanggaran yang sama dilakukan tiga bulan setelahnya.

Kemudian pada Agustus, perusahaan tersebut juga dihukum karena gagal menyimpan catatan resmi tentang bahan peledak dan bahan kimia beracun yang digunakan dalam proses pembuatan tekstil.


Perusahaan tersebut juga menghadapi permasalahan pajak dan penalti karena dianggap tidak dapat merawat peralatan pabrik dengan baik. (fls/dea)