PM Trudeau Akui Gunjingkan Trump di KTT NATO

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 21:13 WIB
PM Kanada, Justin Trudeau, mengakui dia membicarakan soal Presiden AS, Donald Trump, di sela-sela KTT NATO. PM Kanada, Justin Trudeau (tengah), diduga tengah membicarakan Presiden AS, Donald Trump, di sela-sela KTT NATO. (NATO TV / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengakui dia membicarakan soal Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dalam jamuan makan malam di Istana Buckingham, London, Inggris, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Tadi malam saya menjelaskan fakta bahwa ada jumpa pers yang tidak terjadwal sebelum pertemuan saya dengan Presiden Trump. Saya bahagia menjadi bagian dari hal itu dan menjadi populer," kata Trudeau di London, seperti dilansir CNN, Kamis (5/12).
Rekaman percakapan antara Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte beredar cepat di dunia maya meski mereka tidak secara langsung menyebut nama Trump.

Trudeau sepertinya tidak terlalu mengkhawatirkan persoalan itu apalagi sampai mengganggu hubungan AS dan Kanada. Padahal, Trump sempat menjulukinya bermuka dua, tetapi kemudian menambahkan Trudeau adalah orang baik.


Trump diketahui membatalkan konferensi pers di sesi akhir keikutsertaannya di KTT NATO di Inggris.

[Gambas:Video CNN]

Rekaman yang pertama kali diunggah oleh CBC Kanada ini memperlihatkan keempat pemimpinan negara tengah asyik berbincang informal soal Trump yang terlambat hadiri sesi pertemuan di hari perdana KTT NATO, Rabu (4/12) kemarin. Percakapan tersebut terjadi di Istana Buckingham jelang pertemuan puncak NATO.

alam cuplikan itu, Johnson terlihat bertanya kepada Macron: "Itukah sebabnya dia [Trump] terlambat?"

Trudeau menyela pertanyaan Johnson dengan mengatakan, "dia [Trump] terlambat karena menggelar jumpa pers selama 40 menit di atas."
"Oh iya, dia mengumumkan.. Apakah kalian lihat timnya tercengang?" kata Trudeau menambahkan. (ayp/ayp)