Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Inggris, Tak Ada Korban Jiwa

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 12:40 WIB
Gempa Magnitudo 3,2 Guncang Inggris, Tak Ada Korban Jiwa Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah gempa bumi bermagnitudo 3,2 mengguncang wilayah Bridgwater, Somerset, Inggris, Kamis (5/12).

Berdasarkan laporan Survei Geologi Inggris (BGS), gempa tersebut terjadi pada Kamis (5/12) pukul 10.49 malam waktu setempat. Dalam pernyataan resmi melalui akun Twitter, BGS mengatakan akan memantau laporan gempa tersebut.

"Kami menerima beberapa laporan aktivitas seismic di wilayah Somerset. Kami akan memantaunya dan mengirimkan laporan perkembangan tidak lama setelahnya," tulis BGS dalam cuitannya.


Hasil pantauan BGS mencatat pusat gempa berada di kedalaman lima kilometer.

The Guardian mencatat gempa bumi tersebut menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan ringan. Sejauh ini dilaporkan belum ada korban jiwa dan luka-luka.

[Gambas:Video CNN]

Sebelum gempa terjadi, seorang warga melaporkan sempat mendengar suara gemuruh.

"Gemuruh terdengar dari kejauhan sebelum ada sebuah guncangan. Saya merasakan sakit kepala dan merinding," ujar seorang warga setempat seperti dilansir Newshub.

BGS menambahkan guncangan gempa turut dirasakan beberapa desa dan kota di Somerset.

Secara umum Inggris merupakan negara yang tergolong jarang terkena guncangan gempa. Pada Februari lalu, gempa bermagnitudo 4,6 mengguncang Cwmllynfell, Wales Selatan.

Dalam 20 tahun terakhir Inggris tercatat diguncang gempa dengan magnitudo 5,2 di Lincolnshire. (fls/evn)