Setelah Hampir 30 Tahun, Polio Hantui Malaysia Lagi

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 02:51 WIB
Setelah Hampir 30 Tahun, Polio Hantui Malaysia Lagi Ilustrasi pemberian vaksin polio pada bayi. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia dihantui lagi kasus penyakit polio setelah selama 27 tahun terbebas darinya.

Dirjen di Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan seorang bayi berusia tiga bulan di Negara Bagian Sabah diketahui telah terjangkit polio.

"Pasien saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi dan dalam kondisi stabil, tetapi membutuhkan bantuan pernapasan," kata Noor Hisham seperti dilansir AFP, Minggu (8/12).


Noor Hisham mengatakan bayi yang berasal dari wilayah Tuaran itu diketahui didiagnosa polio pada Jumat (6/12) lalu. Itu adalah kasus polio pertama yang terdeteksi di Malaysia dalam 27 tahun terakhir.

Polio adalah salah satu penyakit akibat virus yang belum ada obatnya saat ini. Kendati demikian penyebaran polio itu bisa dicegah lewat vaksin.

Di dunia, badan kesehatan PBB (WHO) menyatakan pada tahun lalu laporan polio ada 33 kasus.

Malaysia sendiri telah mendeklarasikan bebas polio pada 2000 lalu, di mana kasus terakhir di negara jiran itu terdeteksi pada 1992.

[Gambas:Video CNN]
Diagnosa kasus polio di Sabah itu terjadi setelah Fiipina mendeteksi Polio pada September lalu. Di Filipina itu adalah kasus polio pertama setelah hampir dua dekade terakhir bebas.

Noor Hisham mengatakan berdasarkan hasil tes menunjukkan bayi di Sabah itu terinfeksi virus yang sama dengan yang merebak di Filipina. Noor Hisham mengatakan peneliti saat ini mencoba memeriksa 23 anak di bawah usia 15 yang tinggal di dekat rumah bayi terinfeksi.

(AFP/kid)