Pengunjung Pameran Seni Ketahuan Makan Pisang Senilai Rp1,6 M

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 06:35 WIB
Pengunjung Pameran Seni Ketahuan Makan Pisang Senilai Rp1,6 M Ilustrasi. (Foto: Samohin/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pengunjung pameran seni menjadi pusat perhatian setelah kedapatan memakan sebuah pisang yang dipamerkan dalam sebuah acara di Miami Beach, Amerika Serikat.

Pria asal Amerika Serikat yang diketahui bernama David Datuna mengunjungi pameran seni dan berjalan ke arah pisang yang ditempelkan dengan selotip di dinding galeri.

Ia kemudian menghampiri karya seni bertajuk 'Comedian' dari seniman Italia, Maurizio Cattelan. Tanpa basa basi, Datuna kemudian langsung memakan pisang tersebut.


"Pertunjukan seni.. artis lapar," ujarnya sambil mengupas pisang dan menggigitnya.

"Terima kasih, sangat bagus [karyanya]," ucapnya yang kemudian mengunggah kelakuannya itu ke akun Instagram pribadinya.

Akibat aksinya itu, tidak sedikit penonton yang dibuat tertawa dan bingung. Pihak keamanan galeri pun menginterogasi Datuna atas aksi nekatnya itu.

[Gambas:Video CNN]

Dilansir AFP, hasil interogasi akhirnya menyimpulkan ia tidak ditindak hukum atas atas aksi nekatnya. Pria yang mengaku sebagai seniman yang bermukim di New York itu hanya diminta untuk meninggalkan area pameran.

"Dia [Datuna] tidak ditangkap, tetapi kami meminta untuk meninggalkan area pameran," ungkap direktur galeri Peggy Lebouf.

"Kami sudah memiliki kontak dan informasi detailnya, kami bisa melakukan tindakan lebih lanjut jika kami merasa perlu," tambahnya.

Pisang yang dimakan Datuna sejatinya sudah laku terjual kepada seorang kolektor Prancis senilai US$120 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar (US$1=Rp14.026).

Sekitar 15 menit setelah Datuna 'melucuti' karya seni tersebut, sebuah pisang kemudian ditempelkan kembali ke dinding karya Cattelan. (evn/evn)