37 Kasus Kejahatan, Pemerkosa di Inggris Dihukum Seumur Hidup

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 02:46 WIB
37 Kasus Kejahatan, Pemerkosa di Inggris Dihukum Seumur Hidup Ilustrasi penjara. (Foto: Istockphoto/chinaface)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pemerkosa berantai di Inggris dijatuhi hukuman seumur hidup pada Senin (9/12). Joseph McCann disebut sebagai salah satu penjahat paling berbahaya karena melakukan sejumlah serangan seksual beruntun dalam waktu dua minggu.

Hakim Andrew Edis menyebut McCann sebagai seorang 'pengecut, penindas kejam, dan seorang pedofil' lantaran tindakan pemerkosaan, kekerasan, dan penculikan yang terjadi di seputar London dan barat laut Inggris. Usia para korban disebut AFP bervariasi, mulai yang termuda 11 tahun sampai 71 tahun.

Penyerangan mulai dilakukan bertubi-tubi sejak bulan April lalu.


Menjatuhkan hukuman di Pengadilan Kriminal Old Bailey di pusat London, Hakim Edis mengatakan McCann sama sekali tak menunjukkan penyesalan.

"Anda sepenuhnya terobsesi dengan diri Anda sendiri dan meyakini Anda bisa menggunakan orang lain dengan cara yang Anda inginkan. Anda pikir orang lain hanya ada untuk kesenangan pribadi Anda," kata Edis dengan berang.

"Anda adalah psikopat klasik, saya pikir Anda akan selalu berbahaya," ujar dia.

Edis menjatuhkan vonis 33 hukuman seumur hidup untuk 37 tuduhan pemerkosaan, kekerasan seksual, dan penculikan. Ia menegaskan bahwa sudah seharusnya McCann menjalani hukuman penjara minimal 30 tahun.

McCann yang menolak menghadiri persidangan, membantah semua tuduhan.
Kepala Detektif Inspektur Katherine Goodwin yang memimpin penyelidikan kasus ini menggambarkan McCann sebagai 'pelanggar hukum paling berbahaya' yang pernah ada di Inggris.

Kantor Pengawas Hukuman Percobaan Inggris sebelumnya meminta maaf atas kesalahan sistem yang menyebabkan McCann dibebaskan pada bulan Februari. Saat itu, ia menjalani setengah dari tiga tahun masa hukuman karena mencuri. Proses penyelidikan lantas menetapkan bahwa ia harus dipanggil kembali ke penjara.

[Gambas:Video CNN] (rea)