Prajurit AL Rusia Tewas dalam Kebakaran Kapal Perang

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 14:08 WIB
Prajurit AL Rusia Tewas dalam Kebakaran Kapal Perang Kapal perang Rusia Admiral Kuznetsov. (Alexander NEMENOV / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang prajurit angkatan laut Rusia tewas dan satu perwira hilang akibat kebakaran yang melanda kapal perang Admiral Kuznetsov di pelabuhan Murmansk,
Kamis (12/12).

Kapal induk satu-satunya yang dimiliki Rusia itu terbakar saat sedang diperbaiki.

"Seorang prajurit Armada Utara tewas saat berusaha memadamkan api," kata pihak Armada Utara dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

Saat ini sedang dilakukan pencarian terhadap perwira yang hilang tersebut. Dia diketahui turun ke lokasi pengelasan untuk membantu mengevakuasi para pekerja saat kebakaran terjadi.


Menteri Kebijakan Informasi Alexandra Kondaurova mengatakan 10 orang dirawat di rumah sakit, salah satunya dalam kondisi serius. Mereka dirawat karena terlalu banyak menghirup asap.
[Gambas:Video CNN]
Kantor-kantor berita Rusia yang mengutip galangan kapal Zvezdochka memberitakan bahwa api dipicu oleh pengerjaan pengelasan di ruang mesin kapal.

Tayangan televisi menunjukkan kepulan asap muncul dari ruang tersebut. Interfax melaporkan api berkobar sangat besar dan menyebar sejauh 600 meter.

Kementerian Perindustrian Rusia mengatakan begitu api padam, para pejabat akan meluncurkan penyelidikan dan mengevaluasi tingkat kerusakan.

Tim investigasi akan menyelidiki kemungkinan pelanggaran konstruksi.

Admiral Kuznetsov diluncurkan pada tahun 1995 dan menjadi andalan angkatan laut Rusia.

Kapal itu dikerahkan ke Mediterania pada 2016 dan awal 2017 dalam misi di Suriah untuk membantu sekutu Moskow Bashar al-Assad merebut kembali wilayah yang dikuasai pemberontak. (dea)