FOTO: Bayang Radiasi Nuklir di Olimpiade Tokyo 2020

AP, CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 13:05 WIB

, CNN Indonesia -- Olimpiade Tokyo yang akan diselenggarakan di Fukushima, Jepang pada Agustus 2020 dibayangi radiasi nuklir.

Olimpiade Tokyo yang akan diselenggarakan di Fukushima, Jepang pada Agustus 2020 dibayangi radiasi nuklir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Sembilan tahun lalu, di lokasi yang sama terjadi gempa bumi, tsunami, yang kemudian memicu hancurnya tiga reaktor nuklir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pesta olahraga ini mengingatkan pada Olimpiade Tokyo 1964 yang diselenggarakan 19 tahun pasca Perang Dunia II. (AP Photo/Jae C. Hong)
Hingga kini dilaporkan ada puluhan ribu korban radiasi nuklir, salah satunya Futaba yang kini menjadi lokasi ‘mati’. (AP Photo/Jae C. Hong)
Radiasi nuklir yang terjadi di Fukushima memaksa 160 ribu warga mengungsi dan meninggalkan kampung halaman mereka. (AP Photo/Jae C. Hong)
Futaba merupakan salah satu dari 12 kota yang dilanda radiasi nuklir dan masuk dalam zona larangan terbang virtual. (AP Photo/Jae C. Hong)
Lapangan bisbol yang akan dipakai untuk pertandingan olimpiade terletak sekitar 70 kilometer Futaba. (AP Photo/Jae C. Hong)
Limbah radioaktif dari dekontaminasi di sekiar pabrik dan seluruh area Fukushima disimpan dalam ribuan kantong penyimpanan yang disimpan sementara di Futaba dan Okuma.(AP Photo/Jae C. Hong)
Beberapa limbah radioaktif disortir, dibakar dan dipadatkan, hingga dikubur di fasilitas penyimpanan hinggajangka waktu 30 tahun ke depan. Area bekas sawah hingga perkebunan kini beralih fungsi menjadi gundukan penyimpanan limbah radioaktif. (AP Photo/Jae C. Hong)
Tahun ini, empat juta ton peti kemas limbah radioaktif disimpan dalam peti kemas akan dibawa ke Futaba, satu juta ton lainnya ke Okuma, dan pabrik di Fukushima.(AP Photo/Jae C. Hong)