FOTO: Mengenal Shandong, Kapal Induk Pertama Buatan China

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 13:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- China meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negeri, Shandong, dan langsung diterjunkan dalam misi di Laut China Selatan.

Angkatan Laut China meluncurkan kapal induk buatan dalam negeri yang pertama, Shandong, pada Selasa (17/12) kemarin. Selepas upacara, kapal itu dilaporkan langsung diterjunkan di wilayah Laut China Selatan. (STR/AFP)
Kapal yang dibuat di galangan Dalian itu akan menemani saudara tertuanya yang berasal dari Ukraina, Liaoning, di Laut China Selatan. Pembuatan kapal itu selesai pada 2017 silam. (STR/AFP)
Sebelum diberi nama, kapal seberat 50 ribu ton itu terlebih dulu diuji berlayar sepanjang 2018 dan kembali ke Dalian untuk pemeriksaan. Kapal itu bahkan sempat melintasi Selat Taiwan yang membuat negara itu waspada. (STR/AFP)
Seperti sang kakak, nama kapal itu diambil dari salah satu provinsi di China. Rancang bangunnya sama dengan Liaoning yang merupakan kapal induk bekas era Uni Soviet yang dibuat di Ukraina. (STR/AFP)
Ciri khas kapal induk China adalah landasannya memiliki jalur lompat (ski jump) bagi jet tempur untuk menambah daya lontar karena mereka tidak memiliki sistem ketapel uap seperti kapal induk Amerika Serikat. (Photo by - / AFP)
Jarak jelajahnya juga dilaporkan terbatas karena masih menggunakan mesin turbin uap, jika dibandingkan dengan kapal AS yang menggunakan reaktor nuklir. (STR/AFP)
Beijing bermaksud memperluas jangkauan tempur dengan kapal induk demi memenuhi ambisi superioritas angkatan laut di Laut China Selatan. (STR/AFP)
Dalam beberapa dekade terakhir, China memang terus menggenjot perkembangan pertahanan dan memodernisasi alat utama sistem pertahanannya. (STR/AFP)