Kapal Pesiar Tabrakan di Lepas Pantai Karibia

CNN Indonesia | Sabtu, 21/12/2019 08:25 WIB
Dua kapal pesiar tabrakan di lepas pantai Karibia Meksiko pada Jumat (20/12) waktu setempat. Ilustrasi. (AFP PHOTO / LOIC VENANCE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Enam orang terluka Jumat (20/12) ketika dua kapal pesiar besar yang dioperasikan oleh Carnival, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, bertabrakan di lepas pantai Karibia Meksiko.

"Ya Tuhan!" kata seorang pria dalam video dramatis yang memperlihatkan saat kapal Carnival Glory menabrak kapal Carnival Legend yang sedang bersandar di resor pulau Cozumel.

"Seseorang bisa saja tewas!" dia berkata.


Video yang diunggah online menunjukkan kapal Glory yang sepanjang 290 meter perlahan-lahan melesat di perairan biru Cozumel menuju kapal Legenda yang sepanjang 294 meter, kemudian terdengar dentuman yang kencang.

Bagian depan kapal Legenda mengoyak bagian belakang kapal Glory. Bagian kapal, terutama buritan, yang tertabrak langsung runtuh menjadi puing-puing.

"Carnival Glory sedang dalam proses merapat ke dermaga ketika melakukan kontak dengan Karnaval Legend yang sudah merapat," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

"Enam tamu mengalami cedera ringan telah datang ke pusat medis Carnival Glory untuk dievaluasi."

Carnaval mengatakan pihaknya masih menilai kerusakan, tetapi bersikeras tidak ada dampak pada kelayakan kapal atau rencana perjalanan mereka.

[Gambas:Instagram]

"Kami telah menyarankan para tamu dari kedua kapal untuk menikmati hari mereka di darat di Cozumel," katanya.

Dikutip dari keterangan Carnaval, kapal Glory memiliki berat 110.000 ton dan memiliki kapasitas untuk 2.980 tamu dan 1.150 kru.

Sementara kapal Legend memiliki berat 88.500 ton dan memiliki kapasitas untuk 2.124 tamu dan 930 kru.

[Gambas:Video CNN] (AFP/ard)