Pesawat Jatuh di Kazakhstan Timpa Rumah, Korban Tewas Jadi 14

CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 15:03 WIB
Pesawat Jatuh di Kazakhstan Timpa Rumah, Korban Tewas Jadi 14 Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korban tewas kecelakaan pesawat maskapai Bek Air di Kazakhstan bertambah menjadi 14 orang, dan 17 lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Pihak berwenang mengatakan pesawat yang membawa 100 penumpang itu jatuh dan menimpa rumah tak lama setelah lepas landas dari Bandara Almaty, Kazakhstan, Jumat (27/12).

Pesawat tersebut hilang dari radar beberapa menit setelah lepas landas sekitar pukul 7.05 pagi dalam perjalanan menuju ibu kota Astana.

Pesawat jenis Fokker 100 itu dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Nursultan pada pukul 08.40.


"Ada 14 orang tewas di lokasi," kata pemerintah kota itu dalam sebuah pernyataan yang dikirim dari aplikasi Telegram dikutip dari AFP.
[Gambas:Video CNN]
Ia menambahkan sebanyak 17 orang mengalami luka parah, termasuk delapan anak. Mereka kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sebuah video yang dirilis oleh komite darurat negara Asia Tengah, menunjukkan bagian depan pesawat menabrak sebuah rumah hingga hancur. Tim penyelamat berusaha mengevakuasi orang-orang dari reruntuhan.

Presiden Kazakhstan Kasyym-Jomart Tokayev menyatakan belasungkawa kepada seluruh korban dan kerabat keluarga yang ditinggalkan. Dia berjanji untuk memberikan kompensasi kepada keluarga korban.

Tokayev juga mengatakan bahwa dia telah membentuk komisi khusus untuk menyelidiki insiden itu.

Lewat cuitan di Twitter, dia menegaskan bahwa pihak yang bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat ini akan dihukum berat sesuai aturan yang berlaku.

Kementerian Perindustrian Kazakhstan menambahkan bahwa pesawat model Fokker-100 akan dikandangkan sampai penyebab kecelakaan tersebut terungkap. (dea)