FOTO: Mimpi Biarawati Belia di Myanmar Terbebas dari Konflik

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Minggu, 29/12/2019 10:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dhama Theingi ingin sekali menjadi insinyur dan bisa bermain sepak bola. Theingi adalah satu dari biarawati muda di Myanmar yang ingin terbebas dari konflik.

Kegelapan masih menyelimuti daerah pinggiran Yangon yang miskin ketika nyanyian Buddhis bersaing dengan gonggongan anjing jalanan. (Ye Aung THU/AFP)
Dengan kepala plontos dibalut jubah merah muda, gadis-gadis biarawati Mingalar Thaikti duduk bersila di atas lantai kayu untuk berdoa. Mereka menguap dan berusaha menahan kantuk. (Ye Aung THU/AFP)
Wilayah perbatasan negara mayoritas Buddhis itu dilanda konflik sejak kemerdekaan, ketika pemberontak etnis bertempur melawan negara terkait otonomi dan sumber daya alam. (Ye Aung THU/AFP)
Dia mengatakan ada hampir 18.000 biarawati anak-anak dan biarawan pemula yang menghadiri sekolah-sekolah biara di ibu kota komersial Myanmar itu. (Ye Aung THU/AFP)
Dhama Theingi, bagaimanapun ingin sekali memulai pendidikan sebagai seorang insinyur jika mendapatkan kesempatan.
Khin Mar Thi, 17, dikirim ke biara itu bersama keempat saudara perempuannya, dan orangtua mereka tidak mampu membayar biaya perjalanan untuk kunjungan. (Ye Aung THU/AFP)
Seperti banyak orang yang bertahan dengan kehidupan biara sampai akhir sekolah menengah, Thi memutuskan untuk tetap menjadi biarawati daripada kembali ke dunia sekuler. (Ye Aung THU/AFP)
Akan tetapi, Khin Mar Thi mengaku merasa iri ketika melihat gadis-gadis remaja normal.