10 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru di Seluruh Dunia

CNN Indonesia
Rabu, 01 Jan 2020 06:00 WIB
Pesta kembang api dan suasana riuh hanya segelintir kemeriahan perayaan malam tahun baru. Sejumlah negara memiliki tradisi menyambut pergantian tahun. Festival Songkran merupakan salah satu tradisi masyarakat Thailand menyambut tahun baru. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesta kembang api dan suasana riuh dengan penampilan pertunjukan musik hanya segelintir kemeriahan perayaan malam tahun baru.

Di balik gemerlap kembang api, sejumlah negara di dunia masih menjalankan tradisi unik untuk merayakan tahun baru. Mengutip Insider, berikut sepuluh tradisi unik sejumlah negara di dunia saat tahun perlahan berganti.

1. Festival Songkran, Thailand


Berbeda dengan pergantian tahun Masehi, masyarakat Thailand meyakini tahun baru tradisional mereka jatuh pada bulan April setiap tahunnya. Memasuki tahun baru, Thailand menyelenggarakan festival Songkran selama tiga hari.

Festival yang dianggap penting ini dilakukan dengan saling mencipratkan, menyemprot, dan menyiram air kepada siapapun yang ditemui di jalan.

2. Membunyikan lonceng 108 kali, Jepang

Saat malam tahun baru, Jepang memiliki tradisi membunyikan lonceng berukuran besar yang dilakukan di kuil Buddha. Upacara tradisional yang dikenal dengan sebutan Joya no kane ini dilakukan dengan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali yang diyakini untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

10 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Seluruh DuniaIlustrasi. (Foto: Dok. commons.wikimedia.org/rodsan18)

3. Mengecat merah pintu depan rumah, China

Masyarakat China meyakini mengecat pintu rumah depan dengan warna merah saat perayaan tahun baru atau Imlek. Selain mengecat pintu, masyarakat juga kerap meletakkan guntingan pita merah di jendela dan pintu sebagai tanda keberuntungan untuk tahun yang akan datang. Merah dianggap sebagai warna keberuntungan dan membawa kebahagiaan.

[Gambas:Video CNN]

Tradisi unik perayaan tahun baru di dunia (2)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER