Korban Karhutla Australia Dievakuasi Lewat Jalur Laut

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 20:50 WIB
Korban Karhutla Australia Dievakuasi Lewat Jalur Laut Kondisi kebakaran hutan di Australia. (Foto: AP Photo/Rick Rycroft)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Australia mulai melakukan evakuasi terhadap ratusan orang yang terjebak kebakaran hutan di Mallacoota, negara bagian Victoria melalui jalur laut. Mallacoota berada sekitar

Angkatan Laut Australia mulai berlabuh di kota Mallacoota untuk proses evakuasi pada Jumat (3/1). Warga setempat dilaporkan telah terjebak sejak malam pergantian tahun dan berupaya mencari tempat untuk menyelamatkan diri dari serangan api.

Sejumlah pesawat militer juga diterjunkan untuk mengirimkan bantuan dari udara ke daerah-daerah terpencil.


"Sekitar 1.000 orang rencananya akan dievakuasi keluar dari area Mallcoota pada sore ini," ungkap Perdana Menteri Scott Morrison seperti dilansir AFP.

Sehari sebelumnya, pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) dan Victoria juga mulai mengevakuasi ribuan warga dan penduduk dari potensi amukan si jago merah. Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales mengeluarkan larangan bagi penduduk untuk berkunjung ke kawasan Teluk Bateman sepanjang 200 meter.

Sementara Negara Bagian Victori juga mengevakuasi warga yang berada di wilayah pemukiman terancam kebakaran hutan.

[Gambas:Video CNN]

Imbauan untuk mengungsi dikeluarkan seiring dengan perkiraan cuaca panas ekstrem lebih dari 40 derajat Celcius dan angin kencang pada Sabtu (4/1). Kondisi tersebut bisa dengan mudah memicu kebakaran hutan.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak September 2019 telah menewaskan sedikitnya 20 orang, puluhan hilang, lebih dari 1.000 bangunan hangus, dan sepertiga jumlah koala mati. Selain itu, diperkirakan sekitar 5,5 juta hektare lahan - atau setara dengan dua kali lipat luas Belgia telah dilahap api.

Menteri Transportasi New South Wales Andrew Constance mengatakan evakuasi karhutla kali ini merupakan yang terbesar di luar kawasan tersebut.

Ribuan warga dan wisatawan telah menjauhi haris pantai sepanjang 300 kilometer. Seorang warga yang mengungsi mengaku menghabiskan waktu tiga jam untuk menempuh jarak hanya 50 kilometer saat proses evakuasi.

Korban Karhutla Australia Dievakuasi Lewat Jalur LautFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
(evn)