Puerto Rico Diguncang Tiga Gempa Susulan Hingga Selasa Petang

CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 20:35 WIB
Puerto Rico Diguncang Tiga Gempa Susulan Hingga Selasa Petang Gempa bumi mengguncang Puerto Rico. (Foto: Ricardo ARDUENGO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puerto Rico kembali diguncang tiga gempa susulan pada Selasa (7/1) petang. Tiga gempa susulan masing-masing bermagnitudo 6,4 terjadi sesaat sebelum matahari terbenam, magnitudo 6,6 pada pukul 16.24, dan magnitudo 6.0 pada pukul 15.18 waktu setempat.

Delapan orang luka-luka dan satu orang tewas di kota Ponce akibat gempa susulan yang tercatat sebagai rangkaian gempa terbesar di wilayah AS dalam beberapa hari terakhir.

Walikota Ponce, Mayita Melendez mengatakan beberapa daerah menderita kerusakan parah akibat gempa yang terjadi sejak Senin (6/1) pagi waktu setempat.


Badan Survei Geologi Amerika Serikat mencatat guncangan keras akibat gempa pertama sempat memicu peringatan tsunami di Puerto Rico dan Kepulauan Virgin, Amerika Serikat. Peringatan tsunami kemudian dicabut setelah getaran gempa reda.

Dilaporkan Associated Press, otoritas setempat sempat mengatakan salah satu pembangkit listrik utama di dekat pusat gempa di kota Ponce sempat rusak. Selain itu, layanan komunikasi dilaporkan sempat lumpuh.

Puerto Rico tidak memiliki sistem peringatan deteksi gempa bumi selain sirine tsunami. Rangkaian gempa di wilayah selatan tercatat sudah terjadi sejak 28 Desember 2018 dengan magnitudo bervariasi.

[Gambas:Video CNN]

Direktur Jaringan Gempa, Victor Huerfano mengaku kesulitan untuk mendata korban dan kerugian akibat gempa lantaran akses komunikasi sempat lumpuh. Namun ia memprediksi kerusakan akan meluas seiring terjadinya gempa susulan.

"Kami berharap ini sebagai gempa terbesar kali ini. Gempa susulan masih akan terus terjadi untuk beberapa waktu," ungkap Huerfano.

Akibat serangkaian gempa pemerintah memutuskan untuk menutup kantor-kantor pemerintahan dan meminta warga untuk tetap tenang.

Guncangan gempa bermagnitudo 5,8 pada Senin (6/1) pagi sempat memicu tanah longsor, terputusnya aliran listrik, hingga merobohkan sejumlah rumah warga. Pusat gempa tercatat berada di kedalaman 10 kilometer yang diduga karena tekanan antara lempeng Amerika Utara dan Karibia.

Kuatnya guncangan gempa sempat membuat kerusakan pada batu karang bercelah berjuluk Punta Ventana yang menjadi tujuan wisata di barat daya kota Guayanilla. Dilaporkan 34 rumah rusak berat hingga roboh.

Puerto Rico sempat diguncang gempat terbesar dengan magnitudo 7,3 di pantai barat laut hingga memicu tsunami pada Oktober 1918. Gempa memicu kerusakan terparah dan 116 orang dilaporkan meninggal dunia.
(AP/evn)