Komandan ISIS Afrika Tewas karena Serangan Udara

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 05:50 WIB
Komandan ISIS Afrika Tewas karena Serangan Udara Pasukan gabungan Afrika dilaporkan berhasil menewaskan komandan ISIS Afrika Barat, Amir Khalifa Umar. (Ilustrasi ISIS/Laudy Gracivia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasukan gabungan Afrika dilaporkan berhasil menewaskan tokoh ISIS Afrika Barat, Amir Khalifa Umar. Dia disebut sebagai salah satu pentolan kelompok teror tersebut yang dicari-cari sejak lama.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (13/1), menurut Kepala Penerangan Satuan Tugas Gabungan Multinasional Afrika, Kolonel Timothy Antigha, Umar tewas dalam serangan udara yang menargetkan sebuah lokasi persembunyian ISIS Afrika Barat di Tunbums Sabon, dekat Danau Chad.


"Kami menggelar operasi terhadap ISIS Afrika Barat dan pengikutnya yang melakukan kekerasan di Basin Danau Chad," kata Antigha.


Antigha mengatakan, Umar disebut sebagai orang yang menduduki posisi ketiga terkuat di kelompok tersebut. Dia mengatakan tiga tokoh ISIS Afrika Barat juga meninggal dalam serangan udara terpisah.


Pasukan Gabungan Afrika terdiri dari Benin, Kamerun, Chad, Niger dan Nigeria. Mereka berusaha menumpas kelompok ekstremis Boko Haram di Nigeria dan ISIS Afrika Barat di sekitar Danau Chad. (ayp/ayp)