FOTO: Evakuasi Warga dari Amukan Gunung Taal

AFP PHOTO, AP PHOTO, CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 18:10 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung Taal mulai memuntahkan lava pijar disertai kabut abu tebal pada Minggu (12/1) hingga membuat ratusan ribu warga dievakuasi ke lokasi aman.

Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina melaporkan gunung berapi Taal di Pulau Luzon erupsi pada Minggu (12/1). (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Peringatan kondisi gunung Taal meningkat dari level 3 (pergerakan magma) menjadi level 4 (erupsi berbahaya segera terjadi) pada Minggu pukul 19.02. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Kenaikan status terjadi akibat aktivitas vulkanik yang mengeluarkan fragmen partikel yang sarat uap setinggi 10-15 kilometer disertai petir dan hujan abu basah di wilayah utara gunung Taal hingga kota Quezon. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Gunung Taal mulai memuntahkan lava pijar disertai kabut abu tebal yang memicu kekhawatiran warga. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Pemerintah melakukan proses evakuasi terhadap ratusan ribu warga yang berada di sekitar gunung Taal dari potensi letusan yang lebih besar. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Evacuees from towns affected by the eruption of Taal volcano queue up to have their children checked by medical personnel at an evacuation center in Tanauan town, Batangas province south of Manila on January 14, 2020.  (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Badan tanggap bencana sejauh ini mencatat lebih dari 30 ribu warga di provinsi Batangas dan Cavite mulai mengungsi. Jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah. (Photo by Ted ALJIBE / AFP)
Abu tebal dari gunung Taal bahkan sampai di langit Manila yang berjarak 65 kilometer dari lokasi kejadian. Seitar 500 penerbangan dari dan menuju Manila sempat dibatalkan. (AP Photo/Aaron Favila)