Bayi Baru Lahir Tewas Dibantai Anjing di Rumah Sakit

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 03:16 WIB
Bayi Baru Lahir Tewas Dibantai Anjing di Rumah Sakit Ilustrasi bayi. (Istockphoto / Simon Dannhauer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bayi baru lahir dilaporkan tewas akibat dianiaya oleh sekawanan anjing di sebuah rumah sakit di India. Anjing-anjing itu diduga masuk ke rumah sakit melalui jendela.

Dikutip dari AFP, insiden itu terjadi pada Senin pagi (13/1) di rumah sakit di distrik Farrukhabad. Kejadian itu pertama kali diketahui oleh kerabat yang mendengar geraman dari dalam ruangan operasi.

Polisi mengatakan bayi berusia tiga jam itu mengalami luka di sekujur tubuh. Namun untuk memastikan penyebab kematian, penyidik masih menunggu hasil pemeriksaan postmortem.

Polisi India telah menyegel rumah sakit swasta itu dan menuduh staf melakukan kelalaian hingga menyebabkan kematian.


"Pihak keluarga menduga bayi itu ditinggalkan sendirian di dalam ruangan dengan jendela terbuka, hingga mengakibatkan serangan itu," kata penyidik, Ved Prakash Panday.
[Gambas:Video CNN]
Namun polisi belum bisa menangkap staf tersebut karena menunggu hasil postmortem terlebih dahulu.

Pihak keluarga mengatakan bahwa rumah sakit awalnya mengatakan bayi itu lahir dalam keadaan tak bernyawa. Akan tetapi, ketika ditantang, pihak rumah sakit menawarkan sejumlah uang untuk membungkam keluarga.

Menurut pihak berwenang, rumah sakit itu beroperasi secara ilegal karena tidak memiliki izin.

Di India terdapat lebih dari 30 juta anjing liar dan sekitar 20 ribu orang meninggal dunia setiap tahun akibat rabies. Hampir 35 persen kematian disebabkan oleh virus.

Laporan anjing berkeliaran di rumah sakit sudah menjadi hal biasa di India, terutama di kota-kota kecil.

Pekan lalu, anjing-anjing ditemukan di tempat tidur di rumah sakit yang dikelola pemerintah hingga memicu aksi protes. (dea)