Trump Akan Bertemu Presiden Irak di Tengah Ketegangan

CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 13:50 WIB
Trump Akan Bertemu Presiden Irak di Tengah Ketegangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Irak Barham Salih di Davos, Swiss, pekan ini.

Pertemuan tersebut akan berlangsung di sela-sela Forum Ekonomi Dunia yang tahun ini berfokus pada kondisi darurat iklim dan ketidaksetaraan sosial.

Gedung Putih pada Senin (20/1) mengatakan Trump akan berada di Davos selama dua hari, Selasa dan Rabu. Trump juga bertemu dengan kepala badan eksekutif Uni Eropa.

Pertemua Trump dan Saleh ini akan menjadi yang pertama sejak tensi hubungan kedua negara itu memanas menyusul kematian perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani akibat drone AS di sekitar bandara Baghdad.


Serangan yang diluncurkan pada 3 Januari itu turut menewaskan salah satu tokoh militer Irak, Abu Mahdi al-Muhandis.

[Gambas:Video CNN]


Dikutip dari AFP, usai insiden tersebut, Irak menyerukan pengusiran ribuan tentara AS yang ditempatkan di sana. Pemerintah Irak juga menolak memberikan izin kepada AS untuk melanjutkan operasi militer di negara mereka.

Trump menanggapi pengusiran itu dengan mengancam menjatuhkan sanksi untuk menghancurkan ekonomi Irak.

Sementara itu, dalam forum tersebut Trump juga akan bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Dia juga akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Presiden Konfederasi Swiss Simonetta Sommaruga, dan pemimpin Kurdi Nechirvan Barzani.

Pertemuan dilakukan setelah Perancis dan AS sepakat untuk memperpanjang negosiasi guna menghindari perang perdagangan trans-Atlantik. (dea/dea)