Bom Perang Dunia II Ditemukan di Stasiun Kereta di Jerman

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 00:59 WIB
Bom Perang Dunia II Ditemukan di Stasiun Kereta di Jerman Ilustrasi bom perang dunia. (Istockphoto/Art-Benco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bom Perang Dunia II yang sudah tidak aktif ditemukan di sebuah jembatan dekat stasiun kereta di Cologne, Jerman. Bom tersebut ditemukan oleh pekerja konstruksi di dekat rel Hohenzollern dan jembatan penyeberangan yang mengarah ke katedral Dom di Cologne.

Seorang pejabat kota seperti dilansir AFP mengungkapkan bom seberat 500 kilogram itu ditemukan di sisi kanan tepi sungai Rhine pada Senin (20/1) malam.

Perkantoran yang berada di sekitar lokasi dievakuasi sementara. Tim ahli pun dikerahkan untuk menjinakkan bom pada pukul 11 malam waktu setempat.


Jembatan Hohenzollern ditutup sementara selama proses penjinakan bom. Akibat penutupan tersebut, sejumlah perjalanan melalui jalur air sempat tertunda.

Selain itu, operator kereta api Jerman, Deutsche Bann menghentikan sementara jadwal perjalanan.

[Gambas:Video CNN]

Kereta yang melintas untuk sementara waktu tidak akan berhenti di stasiun Messe/ Deutz mulai pukul 08.00 malam waktu setempat. Sementara itu stasiun kereta lain dipastikan tetap beroperasi normal.

Penemuan bom Perang Dunia II bukan pertama kali terjadi di Jerman.

Awal Januari lalu, sekitar 14 ribu orang di Dortmund diminta untuk meninggalkan rumah mereka setelah dua bom Perang Dunia II yang sudah tidak aktif ditemukan di pusat kota.

Temuan bom bekas Perang Dunia II diduga dijatuhkan oleh pasukan udara Amerika Serikat selama perang ketika sejumlah kota di Jerman barat dibombardir musuh. (AFP/evn)