Diduga Idap Virus Corona, WN India di Saudi Kena MERS

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 10:19 WIB
Diduga Idap Virus Corona, WN India di Saudi Kena MERS Ilustrasi antisipasi pencegahan wabah virus Corona. Seorang perawat India di Arab Saudi terjangkit virus MERS dan bukan virus corona China. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang warga India yang bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit di Arab Saudi dilaporkan terjangkit virus Corona jenis baru yang mematikan. Namun, setelah diuji virus tersebut adalah MERS dan berbeda dari yang merebak di Wuhan, China.

"Perawat perempuan itu terjangkit virus MERS-CoV dan bukan 2019-NCoV (virus corona) yang merebak di Wuhan," kata Ketua Komite Pengendali Infeksi Regional Daerah Aseer, Tarik Al Azraqi, seperti dilansir AFP, Jumat (24/1).


Kekeliruan itu sempat menimbulkan kehebohan di Saudi karena pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri India, V. Muraleedharan. Dia mengatakan perempuan tersebut terjangkit virus yang sama dengan yang merebak di China.


Perempuan yang identitasnya dirahasiakan itu adalah satu dari seratus perawat India yang bekerja di Saudi. Diduga dia tertular virus tersebut dari rekan sejawatnya asal Filipina.

Virus corona yang merebak di Wuhan saat ini sudah menjangkiti lebih dari 500 orang. Dilaporkan sudah ada 25 orang yang terjangkit virus tersebut meninggal.

[Gambas:Video CNN]

Akan tetapi, Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan belum perlu menetapkan status darurat akibat merebaknya virus tersebut.

Penyebaran virus itu terdeteksi di Jepang, Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura dan Amerika Serikat. (ayp/ayp)