Kemlu Sebut Nasib WNI di Wuhan Tunggu Keputusan China

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 18:12 WIB
Kemlu Sebut Nasib WNI di Wuhan Tunggu Keputusan China Kemlu masih menunggu keputusan China untuk evakuasi WNI di Wuhan. (Foto: CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI menyatakan masih menunggu proses izin evakuasi dari pemerintah China sebelum bisa memulangkan ratusan WNI yang terjebak di Wuhan karena penyebaran virus corona.

Pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, mengatakan pemerintah Indonesia terus berkomunikasi dengan China terkait rencana evakuasi ini.

"Kami masih terus mendiskusikan dan mengupayakan fasilitasi dari pihak Tiongkok," kata Faizasyah saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Rabu (29/1).


Berdasarkan data Kemlu RI, terdapat 100 WNI di Wuhan. Mereka terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain.

Sementara itu, di Provinsi Hubei terdapat 243 WNI. Ratusan WNI itu tersebar di tujuh titik di Hubei.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah tengah membuka opsi mengevakuasi WNI dari Wuhan.

[Gambas:Video CNN]

Namun, proses itu belum diputuskan. Retno memaparkan tidak mudah memulangkan ratusan warga Indonesia dari Kota Wuhan, kota yang menjadi sumber penyebaran virus corona.

Sejauh ini, China mendeteksi ada lebih dari 6.000 orang terpapar virus corona. Per hari ini, sebanyak 132 orang meninggal akibat terjangkit virus corona di China.

Namun, Kemlu RI memaparkan hingga saat ini tidak ada WNI di Wuhan dan China secara keseluruhan yang terjangkit wabah serupa penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) itu.

Kasus penyebaran virus corona pertama kali dikonfirmasi pada 31 Desember lalu. Wabah virus corona duduga pertama kali menyebar dari pasar ikan dan hewan yang berada di tengah Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei.

Wuhan merupakan kota terbesar di kawasan tengah China dan menjadi salah satu titik penghubung transportasi.

Sejauh ini ada 14 negara yang telah mengutarakan rencana ingin mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan. AS, Australia, Korea Selatan, dan Prancis bahkan akan mulai mengirim pesawat masing-masing ke Wuhan besok. 

Sementara itu, Jepang telah mulai memulangkan warganya dari Wuhan. Sekitar 200 warga Jepang telah tiba di Tokyo usai dievakuasi dari Wuhan pada Rabu (29/1) pagi tadi. (rds/evn)