WN Amerika Serikat Diangkut Keluar dari Wuhan

CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 02:15 WIB
WN Amerika Serikat Diangkut Keluar dari Wuhan WN Amerika Serikat mulai diangkut keluar dari Wuhan. (Foto: Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat yang membawa 201 warga negara Amerika Serikat telah melakukan penerbangan keluar dari Wuhan, China. Pemerintah Amerika Serikat mulai proses evakuasi warganya untuk menekan kekhawatiran penyebaran virus corona.

Penerbangan evakuasi itu tiba di bandara Anchorage, Alaska untuk mengisi bahan bakar dan lanjutkan perjalanan ke California, Amerika Serikat.

Kepala Staf Medis Alaska, Dr Anne Zink dalam keterangan pers mengatakan awak kabin dan penumpang yang dievakuasi berada dalam bagian pesawat yang terpisah. Menurut hasil pemeriksaan sementara, tidak ada satupun yang terjangkit virus corona.


"Aliran udara dan interaksi antara kru yang berada di tingkat atas terpisah dengan penumpang. Bagian atas dan bawah sepenuhnya dibuat terpisah sehingga kru tidak perlu turun ketika mendarat di China dan tidak perlu ada interaksi dengan penumpang," jelas Zink seperti dilansir CNN.

Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial Alaska mengatakan warga yang kembali dari Wuhan akan melalui dua tahap pengecekan kesehatan.

Pengetesan kesehatan pertama dilakukan di China. Sementara pengetesan lanjutan akan dilakukan di California dan proses rehabilitasi selama beberapa waktu.

[Gambas:Video CNN]

Seorang pejabat AS mengatakan penerbangan tersebut mengangkut seluruh warga, termasuk sekitar 36 diplomat dan keluarga.

Prioritas juga diberikan kepada warga AS yang masuk kategori 'paling berisiko terkena virus corona' jika mereka tetap berada di Wuhan.

Kementerian Luar Negeri AS mencatat sekitar 1.000 warga tinggal Wuhan.

Kasus penyebaran virus corona pertama kali dikonfirmasi pada 31 Desember lalu. Wabah virus corona diduga pertama kali menyebar dari pasar ikan dan hewan yang berada di tengah Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei.

Wuhan merupakan kota terbesar di kawasan tengah China dan menjadi salah satu titik penghubung transportasi.

Sejauh ini ada 14 negara yang telah mengutarakan rencana ingin mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan. AS, Australia, Korea Selatan, dan Prancis bahkan akan mulai mengirim pesawat masing-masing ke Wuhan besok.

Sementara itu, Jepang telah mulai memulangkan warganya dari Wuhan. Sekitar 200 warga Jepang telah tiba di Tokyo usai dievakuasi dari Wuhan pada Rabu (29/1) pagi tadi. (CNN/evn)