China Terbangkan Warganya Pulang ke Kota Wuhan

CNN Indonesia | Minggu, 02/02/2020 05:34 WIB
China memulangkan warga dari provinsi Hubei--terutama Wuhan--dari luar negeri terkait 'ketidaknyamanan' yang dialami di luar negeri akibat wabah virus corona. Ilustrasi pesawat. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya dua pesawat penuh dengan warga negara China, mendarat di bandara kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Hal tersebut dilakukan pemerintah China atas para warga negaranya yang berasal dari Hubei, dan sebelumnya tengah berwisata di daerah atau negara lain.

Dikutip dari AFP, sebuah pesawat sewaan milik Xiamen Airlines dari Bangkok mendarat di ibu kota Provinsi Hubei, Wuhan pada Jumat (31/1) hampir tengah malam.


Para petugas kesehatan dengan baju pengaman putih-putih lengkap dengan perlengkapannya berdiri di pintu kabin pesawat yang membawa 73 penumpang tersebut.

Pesawat kedua datang dari Kota Kinabalu, Malaysia.

Badan penerbangan China merilis total ada 117 warga dari provinsi Hubei yang berada di Bangkok (Thailand), dan 100 di Kota Kinabalu (Malaysia) yang menggunakan pesawat sewaan kembali ke Wuhan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China menyatakan akan membawa kembali warga Wuhan dari luar negeri secepat mungkin. Hal itu dilakukan karena praktik yang menyulitkan terhadap warga negara China dari Hubei, terutama Wuhan di luar negeri.

[Gambas:Video CNN]
Langkah itu dilakukan setelah lebih dari 30 maskapai penerbangan dunia mengumumkan mreka menunda atau mengurangi penerbangan dari dan ke China terkait wabah virus corona.

Sementara itu, negara-negara lain-termasuk Indonesia-mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan dan Provinsi Hubei, China akibat wabah virus corona di sana.

(Antara/kid)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK