Bom PD II Ditemukan di Pusat Kota London, Warga Dievakuasi

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 11:38 WIB
Bom PD II Ditemukan di Pusat Kota London, Warga Dievakuasi Ilustrasi. (Foto: AFP/Mahmud SALEH)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah bom peninggalan Perang Dunia II ditemukan di pusat kota London, Inggris pada Senin (3/2).

Polisi mengevakuasi ribuan pekerja di gedung perkantoran dan warga yang berada di area sekitar. Warga dan pekerja diberi waktu lima menit untuk meninggalkan kantor. Polisi kemudian mensterilkan sejumlah ruas jalan di Soho.

Bom tersebut pertama kali ditemukan oleh pekerja konstruksi di dekat Dean Soho, London. Pekerja kemudian memanggil polisi yang tiba sekitar pukul 1.42 siang waktu setempat.


"Puluhan polisi diterjunkan untuk mengamankan lokasi sekitar temuan bom. Akses jalan ditutup dan seluruh bangunan diminta untuk dikosongkan," ungkap Umika Herman, seorang karyawan yang berkantor di sekitar Soho.

Soho merupakan salah satu area pusat bisnis, restoran, dan bar yang cukup sibuk di London.

Dilansir CNN, polisi butuh waktu dua jam untuk mengamankan bom tersebut.

Temuan bom peninggalan Perang Dunia II bukan pertama kali diungkap di Inggris. Pada 2015 lalu, sebuah bom seberat 250 kilogram ditemukan di timur kota London.

Mengutip Imperial War Museum, selama perang berlangsung Jerman menjatuhkan lebih dari 12 ribu ton bom ke ibu kota Inggris dan menewaskan sekitar 30 ribu warga. (CNN/evn)