Kapal Pesiar Jepang Dikarantina di Laut akibat Virus Corona

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 16:14 WIB
Kapal pesiar asal Jepang, Diamond Princess, dikarantina di laut karena seorang penumpang mengidap virus corona. Kapal pesiar asal Jepang, Diamond Princess, dikarantina di laut karena seorang penumpang mengidap virus corona. (Ilustrasi/AFP PHOTO / SAEED KHAN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kapal pesiar asal Jepang, Diamond Princess, yang mengangkut 3.000 penumpang dilarang mendekat ke pelabuhan Yokohama. Kapal itu saat ini dikarantina di tengah laut karena salah satu penumpang dilaporkan mengidap virus corona.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (4/2), seorang penumpang yang identitasnya dirahasiakan positif mengidap virus corona setelah kapal itu bertolak dari Hong Kong. Saat ini pemerintah Jepang mengirim tenaga medis ke kapal itu untuk memeriksa seluruh penumpang dan awak.


Menurut Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, saat ini mereka sedang fokus memeriksa kesehatan para penumpang dan awak.


"Kapal pesiar itu sedang dikarantina di perairan dekat pelabuhan Yokohama. Prosedur karantina itu berdasarkan aturan yang ditetapkan," kata Yoshihide dalam jumpa pers di Tokyo.

Yoshihide mengatakan petugas medis sudah melakukan uji rantai Polymerase (PRC) terhadap seluruh penumpang dan awak kapal tersebut. Kapal itu saat ini masih dilarang mendekat ke daratan sampai keputusan lebih lanjut.

[Gambas:Video CNN]

Total korban meninggal dunia akibat wabah virus corona sampai hari ini bertambah menjadi 425 orang di seluruh China.

Sejumlah negara saat ini memutuskan melarang warga China atau warga asing lainnya untuk memasuki negara mereka. Alasan mereka adalah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kapal Pesiar Jepang Dikarantina di Laut Akibat Virus Corona(CNN Indonesia/Fajrian)
Sebab saat ini penularan virus itu sudah terjadi antarmanusia. Virus itu pertama kali merebak di Kota Wuhan. (ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK