Hujan Deras, Titik Api di New South Wales Tersisa 42

CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 12:16 WIB
Hujan Deras, Titik Api di New South Wales Tersisa 42 Titik api di New South Wales, Australia berkurang signifikan setelah ditempa hujan deras. (Foto: Dok. Kayra Annisa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan lebat yang turun selama sehari memberikan dampak signifikan bagi kebakaran hutan yang terjadi di negara bagian New South Wales, Australia.

Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales mengatakan jumlah titik api berkurang hampir sepertiga setelah diguyur hujan deras.

Mengutip CNN, pada Rabu (5/2) malam jumlah titik api terpantau masih 62 titik. Sehari setelah diguyur hujan jumlah titik api berkurang 20 titik menjadi 42 titik pada Kamis (6/2) malam.


"Hari ini kami melihat hujan yang turun di negara bagian New South Wales, penurunan titik api cukup signifikan di bagian utara. Kami optimis curah hujan tetap stabil sehingga titik api di NSW berkurang selama akhir pekan," tulis seorang pejabat di Facebook.

Sekitar 1.200 petugas pemadam kebakaran dan personel di lapangan memanfaatkan kondisi hujan yang turun untuk bekerja memadamkan api.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa daerah di NSW mendapatkan curah hujan sekitar 100 mm hingga 150 mm dalam kurun waktu 24 jam.

Selain di NSW, hujan dengan intensitas lebat juga turun di Brisbane hingga Melbourne.

Biro Meteorologi memperingatkan daerah pesisir berpotensi menghadapi bencana banjir akibat hujan deras yang diperkirakan masih akan turun.

Kebakaran hutan yang terjadi sejak November 2019 lalu dilaporkan menewaskan lebih dari 20 orang dan menghancurkan jutaan hektare tanah.

Ahli ekologi di University of Sydney memperkirakan 1 miliar hewan tewas dan terpaksa disuntik mati lantaran kondisi yang sempat mengkhawatirkan itu. (CNN/evn)