5 Warga Inggris Terjangkit Virus Corona di Prancis

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 08/02/2020 20:49 WIB
Sejauh ini Prancis sudah menyatakan 11 orang terjangkit virus corona di negaranya. Aktivitas di Zona Karantina Virus Corona di Wuhan, Hubei, China. (STR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lima warga negara Inggris termasuk anak kecil terdeteksi positif terjangkit virus corona di Prancis. Kelima orang itu diketahui menginap di tempat yang sama dengan seorang warga negara Inggris yang diduga sumber penyebaran usai mengunjungi Singapura.

Seseorang yang diduga sumber penyebaran itu, dijelaskan dalam konferensi pers Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn pada Sabtu (8/2), menginap Contamines-Montjoie, dekat Mont Blanc di Pegunungan Alpen usai mengunjungi Singapura.


Sejauh ini, ditambah lima orang baru, Prancis sudah mendeteksi total 11 orang terpapar virus corona. Warga negara Inggris yang diduga sebagai sumber penyebaran disebut saat ini berada di Inggris dan tidak termasuk 11 orang pasien tersebut.


Menurut Buzyn para pasien di Prancis 'tidak menunjukkan tanda-tanda serius' infeksi yang mengancam nyawa.

Selain lima orang baru pasien virus corona yang baru diinformasikan, Prancis juga mengobservasi dan merawat di rumah sakit enam orang warga negara Inggris lainnya yang pernah menginap di lokasi yang sama pada akhir Januari.

Otoritas di Singapura dan Prancis saat ini disebut sedang mencoba mencari orang-orang yang kemungkinan berdekatan dengan warga negara Inggris yang terinfeksi itu.

[Gambas:Video CNN]


Buzyn menjelaskan warga negara Inggris sumber penyebaran itu menghadiri suatu acara di Singapura dan menginap di hotel bersama 94 orang asing. Sumber penyebaran yang lain diketahui telah terdeteksi di Malaysia dan Korea Selatan, keduanya mendatangi acara yang sama.

Virus Corona telah mewabah di seluruh dunia dimulai dari Wuhan, Hubei, China. Sejauh ini diketahui 34.500 orang sudah terinfeksi dan lebih dari 700 orang meninggal dunia. (fea)